Cerita Anak RK Lepas Kerudung: Izinkan Saya Mulai Pencarian Sendiri

[PORTAL-ISLAM.ID] Putri Ridwan Kamil, Camillia Laetitia Azzahra, memutuskan untuk melepas kerudung. Dalam unggahan di media sosial, Azzahra menjelaskan alasan keputusan yang viral di media sosial tersebut.

"Hi semuanya, setelah banyak pertimbangan dan diskusi yang sangat amat panjang dengan keluarga aku, aku memutuskan untuk melepas kerudungku," tulis Azzahra, di akun Instagramnya, Kamis (4/4/2024).

"Jikapun aku berkerudung lagi, itu harus datang dari pencarian keyakinan oleh diriku sendiri, bukan oleh permintaan lingkungan atau orang lain. Izinkan aku memulai perjalanan pencarian ini dengan caraku sendiri," lanjutnya.

"Karena bagi aku, secara personal, seorang muslim yang baik adalah mereka yang melakukan syariat ajaran agama dari hati. Bukan soal penampilan, tapi soal hati yang bersih," kata Azzahra.

Azzahra menyebut dirinya tak suka membohongi orang lain dan keputusan ini adalah caranya untuk jujur terhadap diri sendiri dan orang lain. Ia juga meminta kepada publik untuk "tidak berekspektasi terlalu tinggi" terhadap dirinya.

"Aku bukan papaku, aku bukan mamaku, dan aku bukan kakakku. Tapi aku adalah gabungan mereka semua, semua didikan mereka selalu aku terapkan, dan aku adalah aku," kata Azzahra.

Camillia Laetitia Azzahra juga meminta kepada publik untuk tidak menyalahkan kedua orang tuanya, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. 

Menurut Azzahra, selain karena ini adalah keputusannya sendiri, kedua orang tuanya sudah mendidiknya dengan baik.

"Mereka mendidik aku untuk menjadi perempuan cerdas, berkarakter, dan beragama, dan ini semua adalah pilihanku sendiri. Aku memilih momentum di mana orang tuaku sedang dalam masa 'tenang' di dunia mereka dan juga bulan suci Ramadan," kata Azzahra.

Sementara itu, kepada netizen yang tak suka akan keputusan tersebut, ia mempersilakan untuk berhenti mengikutinya (unfollow).

Postingan Camillia Laetitia Azzahra sontak mendapat ribuan komentar dari netizen.

Ada salah satu komentar yang sangat menampar:

"Aku jadi inget salah satu postingan yang bunyinya gini, "Ada yang lebih penting dari menjadi diri sendiri, yaitu menjadi apa yang Allah ridhai" ❤️," tulis akun @jamilah.nr di kolom komentar.

👇
Baca juga :