CAWE-CAWE JOKOWI DI MEDAN, INI 3 SKENARIONYA

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin melihat silaturahmi hari Lebaran Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Medan, Sumatera Utara, bukan merupakan lawatan biasa. 

Sebab, itu dilakukan di tengah persaingan menantu Jokowi, Bobby Nasution dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Sumatera Utara Partai Golkar, Musa Rajekshah alias Ijeck, untuk maju sebagai calon Gubernur Sumut di Pilkada 2024.

“Bagaimanapun kalau Bobby ingin maju, harus kondusif semua,” kata Ujang saat dihubungi Tempo pada Jumat, 12 April 2024. 

Ujang menjelaskan sebagai Presiden, Jokowi masih bisa memanggil Ijeck untuk meminta supaya maju bersama dengan Bobby di Pilgub Sumut. 

Kemungkinan Ijeck memenangkan Bobby bukan sesuatu yang mustahil. Sebab, apabila ingin menang, kata pengamat, internal Golkar di Sumatera Utara harus bersatu. 

Bobby Nasution, yang saat ini menjabat Wali Kota Medan mendapat lampu hijau dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar untuk maju di Pilgub Sumut. Menantu Jokowi hadir di acara pengarahan kepada bakal calon dan wakil kepala daerah dari berbagai daerah untuk Pilkada 2024 di Kantor DPP Partai Golkar pada Sabtu, 6 April 2024.

Ketua Tim Penjaringan Calon Kepala Daerah DPD Partai Golkar Sumut, Riza Fakhrumi Tahir kemudian mengkritik klaim Bobby tersebut. Fakhrumi mengatakan Bobby baru mendapatkan penugasan dan belum ditetapkan sebagai calon yang diusung. Apalagi, kata dia, Ijeck menjadi nama kuat dalam bursa cagub Sumut.

-----------

Sementara itu, analisa Pak Said Didu cawe-cawe Presiden Jokowi di Pilgub Sumut ada 3 skenario:

Perkiraan hasil cawe-cawe Jokowi di Sumut utk menantu jadi Cagub :
(1) saingan ditawari jadi Menteri atau pjbt di Pusat dan dititipkan ke Presiden berikutnya, atau 
(2) saingan mantu tsb akan dicari kesalahannya utk diancam hukum.
(3) meminta Ketum Parpol agar tdk calonkan saingan.
Baca juga :