Majalah Tempo: MUSLIHAT GELAP SATU PUTARAN

Majalah Tempo:
MUSLIHAT GELAP SATU PUTARAN

SEPERTI sudah tahu bakal memenangi pemilihan presiden dalam satu putaran, kubu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menyiapkan tempat selebrasi di Istora Senayan sebelum hari pencoblosan. 

Dua anggota tim pemenangan Prabowo-Gibran bercerita, tempat itu disiapkan mulai Senin, 12 Februari 2024, atau dua hari sebelum pemilihan umum digelar.

Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, membenarkan informasi tersebut. Sebelumnya, acara kemenangan direncanakan digelar di rumah Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, dan Djakarta Theater, Jakarta Pusat. Tapi rencana itu batal karena diprediksi dihadiri banyak orang dan menimbulkan kemacetan. “Ya sudah, sekalian saja di Istora Senayan,” ucap Rosan.

Kabar Prabowo-Gibran bakal menang dalam satu putaran telah diketahui oleh sejumlah politikus partai pendukung pasangan itu dua hari sebelum pemilihan presiden, Senin, 12 Februari 2024. Empat politikus partai pengusung Prabowo-Gibran yang ditemui terpisah bercerita, mereka mendapatkan informasi bahwa jagoannya bakal menang lebih dari 52 persen.

Informasi tersebut juga beredar di kalangan pengusaha. Kepada Tempo, dua pengusaha tambang menyebutkan mereka menerima kabar Prabowo-Gibran bakal menang dalam satu putaran dengan perolehan suara sekitar 58 persen. Informasi tersebut mereka dapatkan dari tim pasangan nomor urut dua itu.

Wakil Komandan Komunikasi Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Fahri Hamzah, menjawab singkat ketika ditanyai soal bocoran angka kemenangan. “Enggak ada bocoran apa-apa. Itu hanya survei,” tutur Wakil Ketua Umum Partai Gelora ini melalui aplikasi WhatsApp, Jumat, 16 Februari 2024.

Upaya memenangi pilpres dalam satu putaran di kubu Prabowo-Gibran telah disiapkan jauh-jauh hari. Enam politikus di Koalisi Indonesia Maju, gabungan partai pendukung Prabowo-Gibran, bercerita bahwa kemenangan itu ikut ditentukan oleh “efek Jokowi” yang membawa program seperti bantuan sosial dan bantuan pangan serta mengerahkan berbagai lembaga negara.

Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, membenarkan ihwal “efek Jokowi” itu. Dampak bantuan Jokowi turut membuka jalan Prabowo-Gibran menuju Istana. “Efek Pak Jokowi sangat besar,” kata mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia ini.

Efek Jokowi dianggap bisa bertambah besar jika Presiden turun langsung ke masyarakat. Jokowi pernah menginap di beberapa daerah di Jawa Tengah sejak akhir Januari hingga awal Februari 2024. Dalam kunjungan itu, Jokowi juga membagi-bagikan bantuan sosial atau bansos. Jawa Tengah merupakan kandang PDIP, yang mengusung Ganjar-Mahfud.

Presiden pun mempercepat pembagian bantuan beras dampak El Niño mulai Januari 2024. Meskipun musim hujan telah tiba, Jokowi memperpanjang masa program yang dimulai pada November 2023 itu. Begitu pula bantuan langsung tunai mitigasi risiko pangan selama tiga bulan sebesar Rp 600 ribu per keluarga, yang mulai dicairkan Februari tahun ini atau menjelang Pemilu 2024.

Total anggaran bantuan sosial yang digelontorkan pemerintah tahun ini naik sekitar Rp 20 triliun dibanding pada 2023. “Tahun ini Rp 496 triliun, dibanding tahun lalu Rp 476 triliun,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Senin, 5 Februari 2024.

Memastikan kemenangan Prabowo-Gibran, Presiden juga bermuslihat dengan meminta bantuan para pembantunya di kabinet. Pada Senin, 12 Februari 2024, Jokowi memanggil sejumlah menterinya ke Istana. Beberapa narasumber di tim Prabowo-Gibran mengatakan Jokowi meminta para menteri mendukung calon penerusnya. Sejumlah kementerian pun menggelar berbagai kegiatan.

Salah satunya rangkaian acara yang digelar Menteri BUMN Erick Thohir di Menara Danareksa, Gambir, Jakarta Pusat, pada Selasa, 13 Februari 2024. Dari pagi hingga siang hari, Kementerian BUMN mengundang jajaran direktur BUMN serta anak dan cucu perusahaannya. Semua acara itu diberi label townhall meeting Menteri BUMN.

Salinan undangan yang diperoleh Tempo menunjukkan bahwa Erick memanggil 63 direktur perempuan pada pukul 09.00-09.45. Setelah itu, pada pukul 10.00-10.45, Erick mengundang 167 direktur muda BUMN serta anak perusahaannya. Sedangkan pada pukul 13.00-13.45, giliran anggota direksi anak, cucu, dan afiliasi perusahaan kluster jasa infrastruktur yang jumlahnya sekitar 150 orang.

Dua narasumber di perusahaan pelat merah yang mengetahui isi pertemuan itu bercerita, mereka dilarang membawa telepon seluler ke dalam ruangan. Menurut mereka, Erick meminta direksi BUMN memastikan keberlanjutan program yang sudah berjalan. Tetamu yang hadir tentu mafhum, keberlanjutan identik dengan Prabowo-Gibran.

Presiden Jokowi pun ditengarai menggunakan kepolisian untuk menggalang dukungan bagi Prabowo-Gibran. Seorang mantan pejabat di Jawa Tengah bercerita, kepala desa dikumpulkan oleh camat dan didatangi oleh anggota kepolisian. Pesannya adalah meminta mereka memilih pasangan Prabowo-Gibran.

Kepada Tempo, seorang kepala desa asal Jawa Tengah mengaku didatangi oleh seorang polisi berpangkat komisaris besar dan dua ajun komisaris besar pada awal Februari 2024. Dalam pertemuan di sebuah kafe di Kota Semarang itu, polisi meminta dia mengerahkan warganya agar mendukung Prabowo-Gibran sehingga pilpres 2024 berjalan satu putaran. 

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku mendapat informasi serupa soal pengerahan kepala desa di berbagai daerah untuk memenangkan Prabowo-Gibran. “Diminta mendukung Prabowo-Gibran untuk pilpres, pilegnya terserah,” kata Hasto kepada Tempo, Kamis, 15 Februari 2024.

Lembaga lain yang diduga membantu pemenangan Prabowo-Gibran adalah Kementerian Agama dan Kementerian Pertanian. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas disebut mengerahkan penyuluh agama untuk mendekati masyarakat. Sedangkan Kementerian Pertanian menggelar bimbingan teknis yang disertai dengan ajakan memilih Prabowo-Gibran.

👉SELENGKAPNYA di MAJALAH TEMPO Edisi Minggu, 18 Februari 2024
Baca juga :