"Jujur ini pertama kalinya gw memilih Capres yang bukan dari PDIP"

Jujur ini pertama kalinya gw memilih capres yg bukan dari PDIP. Alasannya 1, utk kali ini gw percaya bahwa kinerja beliau di DKI meskipun tidak sempurna, tapi cukup memuaskan. Setidaknya utk kami yg tinggal di pemukiman padat & pengguna transportasi umum.

Pada tanggal 10 Juni 2023, gw sama istri tiba2 dapat undangan utk berdialog dengan Pak Anies di rumah beliau. Bersama sekitar kurang dari 100 orang pada saat itu, kami diperbolehkan memberikan pertanyaan kepada beliau, apapun pertanyaannya, dan sekritis apapun itu.

Pada saat sesi pertanyaan dibuka, tidak ada satupun yg mengangkat tangan, akhirnya gw memberanikan diri utk bertanya ke beliau. Pertanyaan yg membuat beberapa panitia langsung sedikit "panik" karena awal2 langsung ngegas katanya. 😅

Pertama gw bertanya tentang politik identitas yang selama ini disematkan ke beliau, dari awalnya menjadi korban dari akun PKSPiyungan, Jonru Ginting, dll yang menyebabkan darah beliau halal hukumnya karena dituding Syiah pada tahun 2011-2014, lalu tiba2 orang2 yang melakukan itu mendukung beliau di 2017 sampai saat ini.

Lalu yg kedua gw sempat bertanya tentang kelanjutan pembangunan. Disitu gw bilang kl Jokowi itu bukan nabi, juga bukan iblis. Sehingga pasti ada proyek2 beliau yang baik utk negara ini. Jadi apa saja proyek2 Jokowi yg akan dilanjutkan? Jangan sampai beliau seperti Plt. Gub DKI saat ini yang memiliki konsep "Asal Bukan Anies".

Alhamdulillah kedua pertanyaan gw dijawab dengan mulus dan jiwa kiri gw langsung terkelitik dan membuat gw bergumam "WANJIR, INI ORANG SOSIALIS MURNI SEPERTINYA". 🤣🤣🤣

Besok kita memilih, menang atau kalah yg penting beliau sudah berjuang.

Anies bukan nabi, juga bukan iblis. Tugas kita sebagai pendukung ketika beliau menang nanti adalah menjaga agar beliau tetap di garis perjuangannya. Kekuasaan acap kali membutakan, kepemimpinan orang baik bisa menjadi antagonis di akhir jabatannya.

Jika beliau kalah, setidaknya banyak hal positif yg bisa kita ambil sampai saat ini, jalankan dan amalkan di kehidupan sehari-hari. 😏👍

Muki Ginanjar Reantara
@mgreantara

(Sumber: IG)
Baca juga :