The New York Times Ungkap Sumber Senjata Hamas Berasal dari Roket Israel Yang 'Gagal Meledak'

[PORTAL-ISLAM.ID]  Sejumlah besar senjata yang digunakan oleh gerakan Perlawanan Palestina Hamas mungkin berasal dari tentara “Israel” sendiri, menurut sebuah laporan yang diterbitkan pada Ahad (28/1/2024) oleh The New York Times.

Menurut laporan tersebut, informasi intelijen yang dikumpulkan oleh para ahli senjata, pejabat “Israel” dan Barat telah mengungkapkan bahwa “Hamas telah mampu membuat banyak roket dan persenjataan anti-tank dari ribuan amunisi yang gagal meledak ketika “Israel” menembakkannya ke Gaza.”

“Yang jelas sekarang adalah senjata yang digunakan pasukan “Israel” untuk menegakkan blokade Gaza selama 17 tahun terakhir kini digunakan untuk melawan mereka,” kata laporan itu.

The New York Times mengutip Michael Cardash, mantan wakil kepala Divisi Penjinak Bom Polisi Nasional “Israel” dan seorang konsultan polisi “Israel”, yang mengatakan bahwa “persenjataan yang tidak meledak adalah sumber utama bahan peledak bagi Hamas”.

Pakar senjata tersebut mengatakan bahwa sekitar 10% dari amunisi biasanya tidak meledak, namun dalam kasus “Israel” jumlahnya mungkin lebih tinggi. Seorang perwira intelijen “Israel” – yang berbicara kepada NYT tanpa menyebut nama – mengatakan bahwa tingkat kegagalan beberapa amunisi (tidak meledak) ini bisa mencapai 15%.

Persenjataan “Israel” mencakup rudal-rudal era Vietnam, yang sudah lama dihentikan oleh Amerika Serikat dan negara-negara militer lainnya.

Selain itu, “Pemerintah “Israel” juga tahu bahwa gudang senjata mereka rentan terhadap pencurian.”

Menurut The New York Times, ribuan amunisi dan granat “dicuri dari pangkalan yang tidak dijaga dengan baik” dan dikirim ke Tepi Barat dan Gaza “melalui Sinai”.

Menjadi Kreatif

Pengepungan yang diberlakukan oleh otoritas “Israel” di Gaza pada 2007 “memaksa Hamas untuk menjadi kreatif,” menurut laporan tersebut.

Oleh karena itu, “kemampuan manufakturnya sekarang cukup canggih untuk membuat hulu ledak bom yang beratnya mencapai 2.000 pon, untuk memanen bahan peledak tersebut dan menggunakannya kembali”.

The New York Times menyatakan bahwa setelah perang “Israel” pada 2014, Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas, “membentuk tim teknik untuk mengumpulkan amunisi yang belum meledak seperti peluru howitzer dan bom MK-84 buatan Amerika.”

Selain itu, pada 2019, Brigade Al-Qassam dilaporkan “menemukan ratusan amunisi di dua kapal militer Inggris era Perang Dunia I yang tenggelam di lepas pantai Gaza satu abad sebelumnya.” 

Menurut analis kebijakan Timur Tengah Ahmed Fouad Alhatib, “cara paling penting bagi Hamas untuk mendapatkan persenjataan adalah melalui produksi dalam negeri”.

Bagaimanapun, pengeboman yang terjadi selama bertahun-tahun dan pertempuran baru-baru ini di Gaza telah menyebabkan ribuan ton persenjataan yang belum meledak berserakan di wilayah tersebut menunggu untuk digunakan kembali, dan satu bom seberat 750 pon yang gagal meledak dapat berubah menjadi ratusan roket.

Para pejabat “Israel” mengetahui sebelum serangan Oktober lalu bahwa Hamas mampu menggunakan beberapa senjata buatan “Israel”, namun cakupannya mengejutkan para ahli senjata dan diplomat. (arrahmah)

[Vidio - Roket Al Qassam Hamas]
Baca juga :