Siapa yang Pernah Lihat Sepeda Nabi Adam?

Siapa yang Pernah Lihat Sepeda Nabi Adam?

Jika disebut Jeddah, yang terbayang adalah kotanya yang indah; ada pantai laut merah, pusat perbelanjaan Kornes, Masjid Qishash, dan satu lagi, yaitu sepeda nabi Adam.

Keyakinan bahwa sepeda besar yang dipajang di tengah kota Jeddah ini adalah milik nabi Adam, masih dipegang erat hingga kini, terutama oleh jamaah haji dan umrah asal Indonesia.

Informasi sesat ini kadang disampaikan oleh para pembimbing yang didapat secara turun temurun. Akibatnya banyak yang percaya akan hal itu.

Jika klik google map dan memasukkan teks dengan tulisan "Sepeda Nabi Adam", akan diarahkan ke tempat ini.

Mungkin karena ukurannya besar, jadi ini dimanfaatkan oleh sebagian muthowwif untuk mengarang cerita. Fatalnya, hal itu diyakini sebagai kebenaran, dan saat tiba di tanah air, jamaah haji atau umrah akan cerita ke sanak saudaranya: "Di Arab saya telah melihat sepedanya nabi Adam."

Informasi yang dihimpun dari sejumlah sumber online menyebutkan bahwa sepeda ini adalah pemberian Ali Sadikin, waktu beliau menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Oleh pemerintah Saudi, sepeda ini kemudian dijadikan monumen sebagai kenangan.

Ada yang pernah lihat langsung sepeda ini?

Budi Marta Saudin
(WNI tinggal di Saudi)

Baca juga :