WOW! Tokoh Pendiri JIL (Jaringan Islam Liberal) Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

[PORTAL-ISLAM.ID]  Ahmad Luthfi Assyaukanie adalah salah satu pendiri Jaringan Islam Liberal (JIL) di Indonesia dan pengajar di Universitas Paramadina, serta deputi direktur di Freedom Institute.

Lahir di Jakarta, Assyaukanie mengenyam pendidikan awalnya di Pesantren at-Taqwa Bekasi. Ia selanjutnya belajar di Universitas Yordania dalam bidang Hukum Islam dan Filsafat. Luthfi mengambil gelar Masternya dari ISTAC Kuala Lumpur Malaysia, dan menerima gelar Ph.D dalam bidang Islamic Studies di Universitas Melbourne, Australia.

Sebelum belajar di Australia, Assyaukanie bekerja sebagai penyunting di majalah Ummat, majalah mingguan Islam. Pada tahun 2001, bersama dengan Ulil Abshar Abdalla, ia mendirikan Jaringan Islam Liberal (JIL). Saat mengajar di Universitas Paramadina, ia juga bekerja di Freedom Institute di Jakarta.

Di Pilpres 2024, Luthfi Assyaukanie menyatakan mendukung pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar yang diusung NasDem, PKB, dan PKS.

"Keputusan saya mendukung Anies tak hanya sekadar ingin membantunya berpartisipasi dalam Pilpres 2024. Setidaknya ada tiga alasan mengapa saya mendukung Anies dan menginginkannya memimpin negeri ini," kata Luthfi Assyaukanie dalam selebaran yang dibagikan akun twitter Anies Mania @aniesmania, Jumat (1/12/2023).

Tiga alasan Luthfi Assyaukanie mendukung Anies Baswedan:

🔵Pertama, saya menaruh harapan pada perubahan. Dari ketiga calon yang ada, hanya Anies yang paling jelas mengusung visi perubahan. Menurut saya, hanya Anies kandidat yang mampu menghadirkan visi perubahan. 

🔵Kedua, saya menginginkan Indonesia menjadi negara besar yang dipandang dunia. Bukan hanya dihormati karena pencapaian pembangunannya, tapi juga karena kehadirannya di pentas politik global. 

🔵Ketiga, saya ingin melihat polarisasi dan keterbelahan dalam masyarakat kita berakhir, atau setidaknya berkurang. Selama 10 tahun terakhir, politik kita dijejali perdebatan yang tidak sehat. Salah satu sebabnya karena adanya pengerasan dari dua kelompok anak bangsa. 

👇👇
Baca juga :