VIRAL Foto Jokowi ditinggal peserta saat Pidato di Dubai, Wamenlu: Itu bukan walkout tapi peserta baru masuk ruangan

[PORTAL-ISLAM.ID] Beredar di media sosial foto yang dinarasikan kalau Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditinggal peserta Konferensi Perubahan Iklim atau COP28 di Dubai saat berpidato. 

Diketahui Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pada pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim atau COP28 Dubai, Uni Emirat Arab pada Jumat, 1 Desember 2023 lalu.

Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Pahala Mansury menepis narasi di media sosial yang menyebut Jokowi ditinggal peserta.

Dalam foto yang beredar terlihat memang Jokowi berada di mimbar dan tengah berpidato. Kursi-kursi tempat audiens tampak banyak yang kosong. Terlihat juga sejumlah orang tengah berdiri.

Menteri KLHK Siti Nurbaya menepis narasi beredar tersebut. Siti mengaku hadir dalam agenda tersebut bersama Wamenlu Pahala.

"Info itu tidak benar sama sekali. Saya dan Wamenlu hadir di semua agenda bapak Presiden," kata Siti kepada wartawan, Rabu (6/12/2023), dikutip dari detikcom.

Siti mengatakan dalam forum tersebut, pemerintah RI justru mendapat pengakuan positif. Pemerintah pun mendapat apresiasi dari beberapa negara terkait penurunan emisi.

"Pengakuan internasional kepada RI sangat positif. Demikian pula pada pertemuan bilateral, yang mana, Sekjen PBB dan juga PM Norway memberikan apresiasi atas progress RI dalam inisiatif aktif serta progress aksi iklim menurunkan emisi khususnya dalam restorasi mangrove serta penurunan deforestasi yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir hingga sekarang," ujarnya.

Siti mengatakan setiap delegasi negara dipimpin Kepala Negara dan hanya didampingi oleh 2 Menteri. Siti menekankan tidak benar sama sekali bahwa ada walkout atau NGO walk out. Siti menyebut memasuki ruang sidang bersama kepala negara memiliki pengaturan yang ketat dalam sistem security PBB.

Kata Wamenlu

Senada, Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Pahala Mansury pun menepis narasi Jokowi ditinggal walkout saat pidato. 

Pahala lantas menjelaskan kalau Jokowi diapresiasi dalam beberapa forum terkait pencapaian penurunan emisi, khususnya restorasi mangrove dan penurunan deforestasi.

"Sama sekali tidak betul (Jokowi ditinggal peserta COP28). Justru presiden Jokowi mendapat apresiasi dalam beberapa forum terkait pencapaian penurunan emisi, khususnya terkait dengan restorasi mangrove dan penurunan deforestasi," kata Pahala.

Pahala juga mengatakan dalam pelaksanaannya, forum COP28 itu dibagi menjadi dua ruangan terpisah. Dengan begitu, audiens terbagi menjadi dua. Dalam kesempatan yang sama, para perwakilan negara juga sekaligus saling melakukan pertemuan bilateral.

"Untuk pertama kali penyampaian national statement COP dilaksanakan di 2 ruang terpisah sehingga audiens terbagi dua, selain juga berbagai pertemuan side events dan pertemuan bilateral yang dihadiri delegasi pada saat yang sama," ucapnya.

Sehingga bisa saja, sejumlah orang berdiri itu bukan walkout tapi baru masuk untuk menempati kursinya.

[FOT VIRAL]
Baca juga :