THREAD MENARIK.... Saya mau berkisah tentang bagaimana nama Anies Baswedan muncul di Partai NasDem untuk jadi calon Presiden

Thread oleh: Arfi @arfibambani

🔵Saya mau berkisah tentang bagaimana nama Anies Baswedan muncul di Partai NasDem untuk jadi calon Presiden. 

🔵Supaya singkat, kisah dimulai dari Mei 2022, saat Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengundang Gubernur Jakarta Anies Baswedan ke pulau tempat Surya Paloh rehat.

🔵Anies datang menemui Surya Paloh. Ada dua atau tiga petinggi NasDem lainnya menemani. Salah satunya yang bercerita kepada saya mengenai momen ini.

🔵Surya Paloh (SP): Nies, Abang punya tawaran untukmu. Ini demi bangsa dan negara. Pertama, kau jadi cawapres, Ganjar jadi capres.

SP: Kedua, kau jadi capres. Ketiga, kau jadi gubernur lagi.

Anies Baswedan (AB): Siap, Bang (apapun pilihannya).

SP: Ok. Kita salaman.

SP dan AB salaman.

🔵Sejak itu, Gondangdia (markaz NasDem) menjalin komunikasi dengan AB dan kemudian juga berusaha menjangkau PDIP dan Ganjar Pranowo.

🔵Komunikasi dengan AB sangat lancar. Namun dengan Teuku Umar (Megawati), selalu terkendala, misalnya kena COVID dan sebagainya. 

Sementara Ganjar diam saja. Tak ada respons. 

🔵15 Juni 2022, NasDem mengumumkan tiga nama calon presiden. Ganjar no 1, Anies no 2, Andika no 3.

🔵AB merespons pengumuman Rakernas NasDem ini dengan apresiasi yang baik.
GP tetap diam. Teuku Umar dingin-dingin saja.

🔵Gondangdia juga tawarkan Ganjar-Anies ini ke Pak Lurah. Pak Lurah janjikan jawaban beberapa waktu kemudian, kalau tak salah sebulan dua bulan.

🔵Mengapa NasDem ajukan Ganjar-Anies?

Bagi NasDem, inilah pasangan rekonsiliasi bangsa dan negara pasca-keterbelahan di Pemilu 2019. Bukan versi Fahri Hamzah yang ngarang.

Namun Pak Lurah meneng ae. Dua bulan yang ditunggu, tak ada respons.

Malah AB hendak dikriminalisasi.

🔵Dua hari lalu, saya dapat info, ada seorang oknum yang ngongkosin wartawan untuk setiap hari nanya kasus Formula E di KPK. Tujuannya tentu agar AB di-downgrade atau bahkan malah gagal maju ke Pemilihan Presiden.

Sebegitunya operasi sikat AB ini.

🔵Akhir September 2022, upaya kriminalisasi itu makin kencang. AB terancam jadi tersangka.

🔵NasDem akhirnya undang pimpinan PKS dan Demokrat untuk membicarakan perihal ini. 

🔵Tiga pimpinan partai itu gelar pertemuan. Apa isi pertemuannya?

🔵SP tawarkan deklarasi bersama umumkan Anies sebagai calon presiden untuk menyelamatkan. 

🔵Prinsipnya kira-kira begini: Lebih baik digebuki di tempat yang terang, daripada di tempat yang gelap.

🔵Namun PKS & Demokrat tak berani saat itu. Belakangan kita tahu Demokrat berkhianat.

🔵SP sampai bicara begini: Apa kalian rela besok mau nikah, hari ini pengantin kalian diperkosa orang? Kalau Abang tak rela. Marwah bagi Abang.

🔵3 Okt 2022, NasDem umumkan sendiri Anies sebagai calon Presiden pada 3 Oktober 2022.

🔵Apa makna deklarasi 3 Oktober 2022 ini?

Makna 1: Opsi 1 di mana Ganjar jadi capres sudah gugur. Dari Mei-September, PDIP, Jokowi, Ganjar, diam saja dgn tawaran NasDem.

Makna 2: Siapapun yang ingin kriminalisasi Anies, akan berhadapan dengan NasDem dan Surya Paloh.

🔵Deklarasi 3 Oktober 2022 ini sendiri diputuskan hanya dalam waktu 2 hari. Anies baru tahu 1 Oktober. 1 Oktober pagi itu dia sedang berada di Jawa Barat ditelepon oleh Willy Aditya, meminta Anies ke Gondangdia segera.

Itulah momen salaman kedua SP dan AB. AB jadi capres NasDem.

🔵Dalam perjalanan, Demokrat mundur dari komitmen mengusung Anies. Namun, mungkin inilah bukti ke-bejoan Anies. Justru PKB yang sedang "dikhianati" Prabowo yang merapat. Masuklah nama Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden mendampingi Anies.

🔵Anies-Muhaimin sesungguhnya menjadi pasangan rekonsiliasi sejati pasca-Pemilu 2019. Anies yang disokong PKS dan kelompok-kelompok Islam, sementara Muhaimin dari kubu tradisionalis yang selama ini mendukung Pak Lurah.

Tapi Pak Lurah anteng-anteng wae. Jebule duwe agenda dewe.

🔵Dan semua pencalonan Anies ini dimulai dari ikhtiar tulus Partai NasDem dan Surya Paloh untuk membawa agenda rekonsiliasi nasional. Sudah cukup keterbelahan yang meretakkan bangunan kebangsaan kita.

🔵Perubahan itu maknanya bukan ganti rejim, tapi ... Perubahan membawa agenda politik yang lebih baik, perubahan dengan politik yang tidak memecah belah, perubahan untuk perbaikan dan memajukan.

👇👇
Baca juga :