Mohon maaf. "Anda tidak boleh tampak emosional". Itu sila pertama dalam kampanye

 SI PANTAT NENEK BELANDA

Mohon maaf. "Anda tidak boleh tampak emosional". Itu sila pertama dalam kampanye.

Boleh emosi, tapi jangan pernah tampak.

Ini berlaku untuk merek manapun. 

BMW itu merek papan atas yang "berkelahi habis" dengan Mercedes dan Audi. Musuh bebuyutan. 

Ketika BMW meluncurkan series 535 yang mutakhir, Audi dengan cepat menyebutnya sebagai "De kont van een Nederlandse Grootmoeder" atau "Si Pantat Nenek-nenek Belanda".

Apakah BMW marah? Tidak. Mereka bahkan mengiyakan dan menyadari kemudian bahwa 535 memang agak-agak misproduk (saya pernah pakai mobil ini pada tahun 2013, dan agak setuju julukan dari Audy, hahaha...)

Namun BMW segera berbenah. Produksi series 535 mereka hentikan. Pembaharuan yang reaksioner mereka terapkan pada series 5 selanjutnya. Bentuk aerodinamis kental mewarnai produk-produk terbaru mereka. Streamline namun tetap elegan. Sampai sekarang Anda bisa menandai di semua keluaran series 5 BMW. Keren.

Apa artinya ini?

Mengiyakan tudingan pesaing, kadang perlu. Jika kita berat untuk menunjukkan... simpanlah dalam hati. Jangan marah. Kampanye merek... sungguh, sangat mengharamkan kosa kata "marah". 

Itu sebabnya saya lebih suka BMW dibanding Mercedes atau Audi. Karena mereknya "mature" (matang/dewasa).

[By Joko Handipaningrat]

*NB: Penulis adalah pendukung Prabowo

Baca juga :