MASSIF SEKALI "Black Campaign" terhadap Pengungsi Rohingya, ADA APA?

[PORTAL-ISLAM.ID]  Beberapa hari ini di media sosial massif banget akun-akun yang melakukan "Black Campaign" terhadap Pengungsi Rohingya. (akun kotak merah, dari centeng biru sampai akun buzzer)

Salah satunya menyebarkan gambar di atas dengan caption "WADUH! DIBERI BANTUAN 1,2 JUTA PER BULAN PENGUNGSI ROHINGYA UNGKAP MERASA TIDAK CUKUP DAN KURANG".

Potongan gambar tersebut sebetulnya berasal dari video lama tahun 2017 (video ada di bawah), video liputan iNewsTV tentang pengungsi Rohingya yang ditampung di Sidoarjo Jawa Timur pada 2017.

Pengungsi Rohingya ini mendapat bantuan dari IOM (International Organization for Migration/ Organisasi Internasional untuk Migrasi), jadi bukan dari pemerintah RI. 

IOM berkantor pusat di Jenewa, Swiss, yang didirikan pada tahun 1951. Pada mulanya, IOM ditujukan untuk membantu menempatkan kembali para pengungsi Eropa akibat Perang Dunia II. Kini IOM mengurusi soal migrasi dari berbagai negara.

Dalam video 2017 liputan iNewsTV sangat jelas maksud dan konteksnya, bahwa bantuan Rp 1,25 juta itu untuk semua kebutuhan, makan pakaian dll, sehingga kata pengungsi Rohingya dia harus sangat berhemat, diantaranya masak sendiri (tidak makan diluar). Dia pun mengatakan ingin segera bisa kembali ke tanah airnya, namun tak berdaya, karena urusan lintas negara dan urusan PBB (UNHCR). Pengungsi Rohingya ini hidupnya terkatung-katung, stateless (tidak punya kewarganegaraan).

[VIDEO]
Baca juga :