Manusia Langka Telah Pergi


Syaikh Usamah Abdul Azhim dari Mesir yang wafat beberapa waktu lalu dikenal sebagai sosok zuhud lagi ahli ibadah. Orang-orang bahkan bahkan menggambarkan beliau sebagai manusia yang paling ahli ibadah.

Ketika kita membaca kisah Salafush Shalih terdahulu tentang kuatnya tahajud mereka, hampir-hampir kita mengatakan bahwa itu hanyalah dongengan semata sampai datangnya Syaikh Usamah.

Syaikh Usamah meng-khatamkan Al-Quran dalam shalat jahr (shalat Maghrib-Isya-Subuh) sebanyak 2400 kali semasa hidupnya. Beliau mengkhatamkannya setiap 4 hari sekali dalam shalat subuh, maghrib dan isya.

Sedangkan di bulan Ramadhan beliau mengkhatamkan Al-Quran setiap hari sekali. Adapun dalam kesendiriannya (shalat Tahajud), hanya Allah yang tahu berapa banyak beliau khatamkan Al-Quran.

Syaikh Abdur Rasyid Shufi berkisah, "Ketika kami mengikuti shalat maghrib di masjid Syaikh Usamah Abdul Azhim beliau membuka rakaat pertama dengan membaca surat Ali Imran dan An-Nisa. Lalu di rakaat kedua beliau membaca surat Al-Mukminun, An-Nur dan Al-Furqan."

Syaikh Hazim Syauman berkisah, "Kami pernah shalat menjadi makmum Syaikh Usamah. Dan beliau mengimami kami dengan membaca 4 atau 5 juz."

Rahimahullah.

--------------
Bukan hanya itu saja, semua golongan dan aliran yang ada di Mesir ketika itu berduka atas wafatnya, termasuk para Salafi. Yang hadir dari kalangan Salafi ke pemakaman beliau Syaikh Wahid Abdussalam Bali dan Syaikh Muhammad Hassan, beliau (Syaikh Usamah) termasuk orang yang inshaf (Moderat), ilmunya luas, tawadhu dan zuhud, bahkam sebagian Salafi mengatakan beliaulah Sufi sejati dan Sufi yang sejati adalah mereka yang ikut Salafush Shalih dalam semua aspek kehidupan, bukan seperti Sufi yang ada sekarang.

(fb Ihsanul Faruqi)

Baca juga :