Lucunya Netanyahu

Lucunya Netanyahu

Oleh: Ustadz Budi Ashari

Di tengah ketegangan perang, ternyata Netanyahu bisa juga melawak. Sungguh lucu...

Dengarkan kalimat Netanyahu langsung:

"Saya ingin sampaikan dua hal; pertama: kami sudah sampai di semua tempat di Gaza, kedua: kami sudah mengepung rumah Yahya Sinwar. Menangkap Yahya Sinwar hanya masalah waktu. Saya juga sudah menelpon kepala Lembaga kesehatan palang merah agar segera pergi ke Qatar, karena terbukti Qatar punya kekuatan untuk menekan Hamas, agar palang merah bisa menemui para tawanan dan memberikan obat ke mereka."

Untuk melengkapi kelucuan itu, pasukan Israel mengepung rumah Yahya Sinwar di Khan Yunis Gaza yang sebenarnya kosong dan setelah itu mengibarkan bendera Israel di atas rumah kosong itu.

Adil Syadid, peneliti tentang Israel dari Al Khalil, mengatakan:

"Netanyahu yang sudah kehilangan kepercayaan sebagian besar masyarakatnya (Survei: Kurang dari 4 Persen Yahudi Israel Percaya pada Netanyahu), ingin mencitrakan bahwa dia adalah orang yang paling kuat yang mengendalikan pertempuran, dia yang komunikasi dengan semua pasukan dan komandan di lapangan. Tapi pencitraan di hadapan masyarakatnya seperti itu sudah tidak kuat dan tidak bermanfaat.

Tentang Yahya Sinwar, Netanyahu merendahkan pasukan Hamas. Dia menganggap kalau perjuangan hanya karena satu orang, jika Sinwar ditangkap maka pasukan perjuangan bubar.

Dengan menguasai rumah kosong Sinwar dan mengibarkan bendera Israel di atas rumahnya, akan dijadikan pencitraan besar bahwa dia telah menang.

Di Israel Netanyahu dikenal sangat ahli dalam berbohong. Karenanya mudah sekali baginya untuk mengubahnya 180 derajat untuk melakukan press rilis dan menyatakan bahwa dia berhasil menghancurkan Hamas, membunuh ribuan pejuang Hamas, menghancurkan organisasi mereka, menghancurkan terowongan. Tetapi saya yakin bahwa ini tidak mengubah citranya di masyarakatnya sendiri."

***

Jadi, Netanyahu sedang sibuk merangkai cerita kemenangan demi citra politiknya yang sudah hancur di Israel sendiri.

Maka tentara mengepung rumah kosong pun jadilah, lengkap dengan pengibaran bendera...

Lucu ya...

Baca juga :