Jonan Masuk Kabinet Anies

Anies akan melibatkan Ignasius Jonan lagi dalam Pembangunan Transportasi Kereta Api.


Disamping penyampaian Visi, Misi, gagasan. Anies juga lebih maju lagi dengan telah menyampaikan bayangan postur dan komposisi kabinet nanti.

Terus terang, rencana Anies ini untuk kembali mengajak Jonan dalam membangun Transportasi Kereta Api sangat bagus. Dan ini mengindikasikan Kabinet KPP (Koalisi Untuk Perubahan dan Persatuan) nanti akan lebih banyak diisi profesional dari pada politisi.

Dan salah satu indikasi itu diperlihatkan Anies dengan akan mengajak Jonan dalam kabinet nanti untuk mengurus Transportasi Kereta Api.

Siapa yang tidak kenal Jonan? Jonan yang telah menjadi Dirut Citibank pada usia 36 tahun itu berhasil memoles dan memodernisasi KAI berkat program Reformasi dan Restorasinya.

Disamping piawai dalam membikin dan menjalankan programnya, Jonan dikenal sebagai seorang yang sangat kekeuh dan tidak bisa diintervensi oleh kekuasaan dalam mempertahankan idealismenya.

Hal ini dibuktikan Jonan dengan tidak setuju pembangunan Kereta Cepat China Jakarta-Bandung karena masa konsesinya yang belum jelas dan skema pembiayaanya. Hal ini terbukti sekarang konsensi KCJB menjadi 80 tahun dari yang dibolehkan Jonan hanya maksimal 50 tahun. Dan yang lebih fatal, disamping cost overrun, bunga cicilan dan pembiayaan yang digembar gemborkan Jokowi murni oleh swasta sekarang malah dibiayai 100% oleh APBN.

Tapi karena keteguhan itu yang menyebabkan Jonan akhirnya harus rela direshuffle dari kabinet Jokowi.

Dengan anggota Koalisi hanya 4 partai Koalisi Perubahan akan lebih mudah dan leluasa dalam membentuk pemerintahan yang ramping dan profesional. Hal ini akan bertolak belakang dengan KIM gabungan 10 parpol, yang jelas akan kesulitan membentuk kabinet ramping dan profesional dan tentunya akan lebih banyak diganduli politisi-politisi dari Parpol.

Dan ini fakta, menteri-menteri yang berasal dari parpol pendukung itulah yang mendominasi dunia perkorupsian Indonesia selama periode pemerintahan Jokowi.

Kehadiran Jonan dan tentu kehadiran para profesional lainnya (seperti Thomas Lembong dll) dalam kabinet nanti yang sudah teruji rekam jejak dan integritasnya diharapkan akan membawa negeri yang kaya sumber daya alam ini bangkit dari keterpurukanya.

So, disaat Koalisi lain masih bingung untuk menghadapi debat, 😁 Anies sudah jauh lebih maju dengan menyampaikan program dan postur kabinet nanti.

KISS, Keep It Stupid Simple..

(Oleh: T Gusmand)

Baca juga :