Ehm

[PORTAL-ISLAM.ID] Safhira Alfarisi, Founder Duta Inspirasi Indonesia. Alumnus Sekolah Vokasi Program Keahlian Komunikasi IPB berusia 24 tahun ini merupakan seorang pemberdaya dan motivator yang telah berbicara di lebih 600 event kegiatan kepemudaan baik tingkat nasional maupun internasional.

Safhira Alfarisi merupakan mahasiswa terbaik berprestasi tingkat nasional 2019.

Dia terinspirasi dengan sosok Anies Baswedan.

“Jujur Pak Anies Baswedan adalah inspirasi aku untuk menjadi pemberdaya sampai hari ini,” jelasnya di kanal YouTube @The Spokesperson ID.

Dia menjelaskan Gerakan Indonesia Mengajar (GIM) yang dibentuk Anies Baswedan pada tahun 2010 dengan mengirimkan para mahasiswa terbaik yang baru lulus dari kampus-kampus ternama di Indonesia untuk mengajar selama setahun di berbagai pelosok negeri telah menginsipirasinya membangun yayasan yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan bernama Yayasan Beasiswa 10.000.

Yayasan itu dibentuknya pada usia 18 tahun ketika Safhira Alfarisi masih duduk kuliah di semester tiga.

“Dan dengan modal Rp0, kita bisa mengumpulkan dan menyalurkan total dana lebih dari Rp1,1 miliar. Tapi bukan dari donasi, melainkan dari pemberdayaan event-event yang kreatif inovatif dengan kolaborasi ilmu pengetahuan aku di jurusan komunikasi. Dan total yang kita bantu lebih dari 9.000 anak di Indonesia. Alhamdulillah sampai saat ini yayasannya berjalan lancar masih berkembang,” ucapnya.

“Dan dari yayasan itu juga yang mengantarkan aku menjadi mahasiswa berprestasi satu nasional di tahun 2019 serta mendapat penghargaan dari Kemenrisek Dikti sebagai mahasiswa terinspiratif,” sambungnya.

Dia tidak memungkiri capaiannya itu diraihnya karena terinspirasi dari sosok Anies Baswedan. 

“Seandainya saat itu mungkin enggak ada Indonesia Mengajar, aku enggak akan bikin Yayasan Beasiswa 10.000 dan efeknya aku enggak akan jadi mapres (mahasiswa berprestasi) dan aku enggak akan dapat title mahasiswa terinspirasi yang itu menggerakkan aku membangun yayasan kedua bernama Duta Inspirasi Indonesia,” bebernya.

Yayasan Duta Inspirasi Indonesia ini dia dirikan dua tahun lalu ketika berumur 22 tahun. Yayasan tersebut telah memberdayakan pemuda-pemudi di 38 provinsi di Indonesia.

Karena itu dia mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pada Pilpres 2024 ini.  

[VIDEO]
Baca juga :