Analis Militer Israel: Tentara Kami Terkejut dengan Kekuatan dan Persenjataan Hamas

[PORTAL-ISLAM.ID] TEL AVIV – Analis militer “Israel” Yoav Zeitoun mengatakan pada Ahad (10/12/2023) bahwa tentara mereka menyadari bahwa penghancuran Gerakan Perlawanan Islam Hamas di Jalur Gaza tidak akan terjadi dalam beberapa bulan, mengingat persiapan Hamas selama beberapa tahun terakhir, dan menekankan bahwa tentara kagum dengan hal tersebut.

Zeitoun memperbarui – dalam analisis yang diterbitkan oleh surat kabar Ibrani Yedioth Ahronoth – tentang batas waktu implisit Amerika bagi “Israel” untuk mengakhiri perang pada akhir Desember ini atau hingga akhir Januari mendatang, jika semuanya berjalan baik, tanpa terjadi peristiwa mengejutkan.

Para pejabat “Israel” bersikeras untuk melanjutkan perang, berharap untuk mengakhiri kekuasaan Hamas di Gaza yang berkuasa sejak 2007, dan menghilangkan kemampuan militer gerakan tersebut, yang menegaskan bahwa mereka telah melawan pendudukan “Israel” di Palestina selama beberapa dekade.

Di lapangan, setiap hari tentara terkagum-kagum dengan betapa kuatnya Hamas. Ini adalah tentara nyata yang dibentuk 50 menit dari Tel Aviv selama beberapa tahun terakhir, tambah Zeitoun.

Menjelaskan kemampuan Hamas dalam menghadapi tentara “Israel”, Zeitoun mengatakan, “Mereka memiliki ratusan ribu senjata, termasuk berbagai jenis peluru RPG, yang dianggap sebagai senjata utama mereka.”

Mereka juga memiliki peluncur roket canggih, drone peledak, dan drone serang yang diproduksi sebagai salinan drone Sky Rider milik tentara “Israel”, yang jatuh di Jalur Gaza dalam dekade terakhir, kata Zeitoun.

Menurut Zaitoun, pejuang Hamas juga memiliki senapan mesin, senapan Kalashnikov, senapan sniper Dragunov, perangkat komunikasi canggih, alat peledak dengan standar dan ukuran berbeda, serta senjata dan kemampuan militer yang jumlahnya tidak terbatas.

Mengenai serangan ke Jalur Gaza utara, Zeitoun mengatakan bahwa pertempuran sengit di Beit Hanoun dapat mengindikasikan bahwa “membersihkan Gaza dari musuh akan memakan waktu berbulan-bulan, dan ini (Beit Hanoun) bukanlah tempat di mana pasukan Hamas terkuat berada.”

Mengenai Shuja’iya, sebelah timur Kota Gaza, Zeitoun mengutip seorang perwira senior di Brigade elit Golani, yang mengatakan bahwa Hamas telah menempatkan batalion terkuatnya di sana, dan para pejuang yang lahir dan besar di lingkungan tersebut sangat terkait erat dengan daerah itu dan mereka tidak akan melarikan diri, dan tentara memerlukan waktu sekitar 6 bulan untuk “membersihkan” Shuja’iya secara menyeluruh, katanya.

Sejak 27 Oktober lalu, “Israel” memulai serangan darat ke Jalur Gaza bagian utara, yang kemudian meluas ke selatan, di tengah perlawanan sengit dari Hamas dan faksi Palestina lainnya, yang menyebabkan puluhan korban tewas dan luka-luka di pihak tentara “Israel”.

Sejak 7 Oktober lalu, tentara “Israel” telah melancarkan agresi dahsyat di Jalur Gaza, yang hingga Sabtu malam (9/12), telah menyebabkan 17.700 orang syahid dan 48.780 orang terluka, kebanyakan dari mereka adalah anak-anak dan perempuan. (arrahmah.id)

*Poster atas dikeluarkan oleh Al Qassam dengan gambar tentara Israel dan tulisan "Masuk ke Gaza dalam keadaan hidup, keluar Gaza jadi serpihan di kantong mayat".

Baca juga :