Tiba di Turki, Menlu AS Blinken "Disambut" Poster Abu Ubaidah (Jubir Al Qassam), Lampu Apron Bandara Juga Dimatikan, Tanpa Sambutan Pejabat Tinggi Turki

[PORTAL-ISLAM.ID] ANKARA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken datang ke Ankara untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Hakan Fidan. Patut dicatat bahwa Turki menyambut Blinken tanpa pejabat senior.

TURKI TIDAK KIRIM PEJABAT SENIOR UNTUK MENYAMBUT BLINKEN

Saat pesawat yang membawa Blinken mendarat di Bandara Esenboğa pada malam hari (tadi malam, Minggu 05/11/2023), patut dicatat bahwa tidak ada pejabat senior dari Turki yang menemui Blinken dan lampu apron mati. Ini adalah pertama kalinya Turki menyambut pejabat Amerika tanpa Menteri Luar Negeri atau pejabat senior Turki.

Rombongan delegasi yang menyambut Blinken hanya Duta Besar AS untuk Ankara Jeffry Flake, Direktur Jenderal Urusan Politik Bilateral Kementerian Luar Negeri untuk Amerika, Duta Besar Yaprak Balkan, dan Wakil Gubernur Ankara Namık Kemal Nazlı.

Disambut Poster Abu Ubaidah

Di sisi lain, rakyat Turki menggantungkan poster besar bergambar Abu Ubaidah, Juru Bicara Brigade Izzuddin Al Qassam sayap militer Hamas, di sebuah jembatan dalam jalur yang ditentukan menuju kawasan tempat Blinken akan bertemu dengan Menlu Turki Hakan Fidan di Ankara.


_______
NB:
*Menlu AS Blinken datang ke Turki dalam lawatan terkait perang Israel-Hamas. Sebelum ke Turki, Blinken datang ke Israel bertemu Netanyahu, juga bertemu Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas di Tepi Barat.

**Presiden Turki Erdogan sudah berkali-kali menegaskan AS bertanggungjawab atas genosida/pembantaian yang dilakukan Israel di Gaza, karena atas dukungan AS.

Baca juga :