Setelah ribut ijazah palsu Jokowi, sekarang ijazah Gibran juga dipertanyakan, Roy Suryo beberkan Faktanya....

Ijazah Gibran dari Insearch UTS Dipertanyakan Dr Tifa, Roy Suryo Beberkan Faktanya

Isu ijazah palsu dari keluarga Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) kembali mencuat di media sosial.

Kali ini, putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dituding memiliki ijazah palsu dari program Insearch di University of Technology Sydney (UTS), Sydney, Australia.

Gibran disebut bukanlah kelulusan strata 1 (S1) dari UTS, melainkan hanya lulusan kursus atas setingkat D1.  

Hal tersebut pun dipertanyakan Pegiat media sosial, Dr Tifa lewat status twitternya @DokterTifa pada Kamis (16/11/2023).

"Bran @gibran_tweet Ijazah kursusmu seka Insearch UTS endi coba tak delok. Insearch sak ngertiku artine program utowo kursus utk persiapan masuk UTS. Upamane ngetokke ijazah, levele mung D1 alias kursus. Dadi sak jane kowe ki nang Australi kuliah opo ming kursus tow?" tulis Dr Tifa.

(Bran @gibran_tweet ijazah kursusmu dari Insearch UTS coba mana lihat. Insearch sepengetahuanku artinya program atau kursus untuk persiapan masuk UTS. Misalnya mengeluarkan ijazah, jenjangnya hanya D1 alias kursus. Jadi kamu di Australia kuliah atau hanya kursus saja?)

Pertanyaan tersebut rupanya dibalas oleh Gibran.

Cawapres Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 itu kemudian menantang Dr Tifa untuk menganalisa potret wisudanya.

Seraya membagikan tangkapan layar pemberitaan tersebut, Dr Tifa menyampaikan Gibran bukanlah lulusan S1 dari UTS, melainkan hanya lulusan setara D1.

"Saya disuruh @gibran_tweet analisa foto ini. OK. Insearch UTS, program persiapan masuk University Technology Sidney. Dia keluarkan Sertifikat Kursus atau yaaa setara D1 lah. Artinya 'Wisudawan' adl penerima sertifikat kursus, bukan Ijazah Bachelor/Sarjana UTS," tulisnya.

Postingan Dr Tifa pun disambut ramai masyarakat.

Beragam komentar pun dituliskan dalam komlom komentar postingannya.

Tak terkecuali pakar telematika Roy Suryo.

Lewat akun twitternya @KMRTroysuryo1 pada Kamis (16/11/2023), mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia itu mengunggah sebuah tautan situs resmi dari UTS.

"Monggo, Dok..," tulis Roy Suryo.

Dikutip dari situs resmi UTS, INSEARCH adalah penyedia jalur premium ke University of Technology Sydney (UTS).

Program tersebut membantu mempersiapkan siswa untuk masuk ke derajat UTS.

Kemitraan dengan UTS berarti siswa mendapatkan manfaat dari standar akademik UTS yang tinggi dan reputasi untuk keunggulan.

Mereka juga memiliki akses ke kampus baru yang dirancang arsitektur dan mutakhir.

UTS: INSEARCH menawarkan program Bahasa Inggris Akademik, UTS Foundation Studies dan diploma pendidikan tinggi

Sebagian besar ijazah mereka mengarah langsung ke tahun kedua gelar sarjana UTS yang sesuai.

Jenjang Pendidikan Gibran

Gibran Rakabuming Raka yang merupakan calon wakil presiden Prabowo Subianto adalah lulusan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 16 Mangkubumen Kidul; Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Surakarta.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu hijrah ke Singapura setelah lulus dari Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Surakarta.

Gibran mengambil studi setingkat Sekolah Menengah Atas di Orchid Park Secondary School Singapura pada 2002. 

Orchid Park Secondary School adalah sekolah yang berdiri pada Januari 1999 di lokasi Woodlands Ring Secondary School. Para perintisnya terdiri dari 16 staf pengajar dan 360 siswa. Sekolah dibuka secara resmi pada tanggal 21 April 2001. 

Setelah masa studi di Orchid Park Secondary School rampung, Gibran melanjutkan pendidikannya ke Management Development of Singapore atau MDIS pada tahun 2007. MDIS merupakan lembaga pendidikan swasta di Singapura yang menawarkan kursus persiapan, diploma, diploma lanjutan, diploma tinggi, sarjana, magister dan doktoral yang diakui secara global di berbagai disiplin ilmu.

Lanjut studi ke Australia 

Setelah Gibran menamatkan studinya di MDIS pada 2007, dia lanjut belajar di University of Technology Sydney (UTS): Insearch. UTS Insearch memfasilitasi pelajar asing yang akan melanjutkan pendidikan di UTS. Melalui lembaga tersebut, para pelajar akan beradaptasi dengan sistem pembelajaran sebelum benar-benar masuk sebagai mahasiswa UTS.

Adapun University of Technology Sydney adalah kampus yang berada di jantung kawasan kreatif dan digital Sydney dan berdampingan dengan distrik pusat bisnis Sydney. Saat ini, jumlah mahasiswa di UTS lebih dari 44 ribu, menjadikannya sebagai salah satu kampus terbesar di Australia.

Baca juga :