PERANG BINTANG SATU ANGKATAN, DULU KAWAN SEKARANG LAWAN

[PORTAL-ISLAM.ID]  Majalah TEMPO terbaru (26 November 2023) cover utamanya tentang... 

PERANG BINTANG SATU ANGKATAN, DULU KAWAN SEKARANG LAWAN

🔴"PERANG BINTANG SATU ANGKATAN, DULU KAWAN SEKARANG LAWAN" -- yang dimaksud adalah antara Kapolda Metro Jaya (Inspektur Jenderal Karyoto) vs Ketua KPK (Kombes Firli Bahuri).

🔴Karyoto dan Firli adalah teman satu angkatan di Kepolisian. Sama-sama lulusan Akpol (Akademi Kepolisian) tahun 1990.

🔴Ketua KPK Firli Bahuri ditetapkan sebagai Tersangka kasus pemerasan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo oleh Polda Metro Jaya yang dipimpin Karyoto.

🔴Karyoto sebelum jadi Kapolda Metro Jaya adalah Deputi Penindakan KPK, tapi dipecat oleh Firli dan dikembalikan ke institusi Kepolisian.

🔴Setelah Firli dijadikan tersangka oleh Polda Metro Jaya, Firli kemudian mendadak memimpin rapat untuk menetapkan Tersangka Muhammad Suryo, pengusaha asal Yogyakarta. Ia dituduh menerima sleeping fee Rp 9,5 miliar dari pemenang tender rel di DJKA. 

🔴Selama ini, Muhammad Suryo, 39 tahun, dikenal sebagai orang dekat Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Karyoto.

🔴Seorang penyidik mengakui kalangan internal KPK memandang penetapan Suryo sebagai tersangka korupsi merupakan bentuk perlawanan Firli terhadap kasusnya di kepolisian. 

🔴Nama Suryo sudah muncul saat Karyoto menjabat Deputi Penindakan KPK pada 2020-2023. Perihal kedekatan Suryo dengan Karyoto pernah ditulis majalah Tempo dalam artikel berjudul "Pasir Merapi di Kuningan" pada 18 April 2020.

🔴Seorang penyidik mengatakan nama Suryo pernah muncul dalam berbagai kasus yang ditangani KPK. Kemunculan nama Suryo kerap membuat penyidik di KPK ekstra-hati-hati. 

🔴Ketika menjabat Deputi Penindakan KPK pada 2020, misalnya, Karyoto pernah menanyakan peran Suryo dalam suatu perkara kepada seorang penyidik. Setelah dijawab "ada", Karyoto langsung buang badan seolah-olah tak terkait dengan Suryo. Padahal kalangan internal KPK sudah tahu keduanya saling mengenal.

***

BEGITU SECARA SINGKAT HEADLINE MAJALAH TEMPO TERBARU 
Edisi Minggu, 26 November 2023

Baca juga :