PENYAKIT ASHOBIYAH

PENYAKIT ASHOBIYAH

Semua afiliasi, kelompok dan tempat pengajian, adalah wasilah anda untuk menuntut ilmu, berdakwah dan saling menguatkan sesama muslim.

Namun tidak ada afiliasi, kelompok dan tempat pengajian, yang berhak mengklaim dirinya adalah pemegang kebenaran mutlak, karena tidak ada satu pun dari afiliasi, kelompok dan tempat pengajian ini yang menerima wahyu secara langsung, juga tidak ada ada nash sharih yang menyatakan bahwa mereka itu adalah timbangan kebenaran.

Maka, sebagaimana disarikan dari perkataan salaf, setiap afiliasi, kelompok dan tempat pengajian ini, mungkin benar, mungkin juga salah. Bisa jadi benar dalam satu perkara, dan keliru dalam perkara lain. Kaidah ini berlaku bagi setiap individu, afiliasi, kelompok maupun tempat pengajian. Tidak ada yang dikecualikan dari hal ini, selama bukan dalam perkara ijma' yang disepakati.

Jadi, mari singkirkan sikap fanatisme buta (ta'ashshub), yang menganggap "syaikh saya", "ustadz saya", "afiliasi saya", "kelompok saya", atau "tempat pengajian saya", sebagai pemegang panji kebenaran, tidak ada satu pun kebenaran yang luput dari mereka, dan semua yang menyelisihi mereka berarti sesat dan menyimpang. Jauhi cara berpikir seperti ini.

(Muhammad Abduh Negara)

Baca juga :