Najwa Shihab pertanyakan foto wisuda Gibran yang dituding Ijazahnya Palsu, Gibran: Besok Saya Bawain Ijazahnya

[PORTAL-ISLAM.ID] Calon wakil presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM), Gibran Rakabuming Raka, angkat bicara soal isu ijazah sarjananya yang disebut palsu akhir-akhir ini. Gibran menyatakan siap menunjukkan ijazahnya kepada pihak-pihak yang meragukan dokumen tersebut. Hal itu, kata dia, agar mereka dapat mengecek langsung keasliannya.

Gibran mengatakan hal tersebut bermula saat melihat foto wisudanya tahun 2010 dalam acara 13 Tahun Mata Najwa di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat pada Ahad, 19 November 2023. 

Jurnalis sekaligus presenter Najwa Shihab menunjukkan foto wisuda Gibran 13 tahun lalu dalam kegiatan tersebut. 

“Ini fotonya lagi dipermasalahkan dua tokoh. Masalah fotonya katanya editan sama ijazahnya palsu,” kata Gibran.

Wali Kota Solo ini pun menyatakan akan membawa ijazahnya besok ke Balai Kota Solo untuk dicek asli atau palsu. 

Bahkan, Gibran juga sempat berseloroh akan membelikan orang-orang yang meragukan ijazah itu tiket ke Singapura untuk memastikan langsung ke almamaternya.

“Besok teman-teman media seperti biasa di Balai Kota nanti saya bawain ijazah saya ya, dicek saja asli atau palsu. Kalau enggak percaya saya pesankan tiket ke Singapura deh datengin sekolah,” ujar putra sulung Presiden Joko Widodo alias Jokowi itu.

Geger di Medsos

Sebelumnya, sebuah unggahan di media sosial memuat surat keterangan tentang penyetaraan pendidikan Gibran hanya setingkat SMK. Surat itu menyatakan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah pada tahun 2019 mengeluarkan surat bernomor 9149/D.DI/KS/2019.

Sementara itu, Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nizam mengonfirmasi Gibran mengantongi gelar Bachelor of Science (B.Sc) dari University of Bradford, Singapura. Hal itu tercantum dalam Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan tentang Hasil Penilaian Kesetaraan Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri Atas Nama Gibran Rakabuming Raka.

Surat dengan nomor 2296/Belmawa/Kep/IJLN/2019 itu menyatakan, ijazah atas nama Gibran Rakabuming Raka dari University of Bradford telah disetarakan dengan Sarjana di Indonesia. Lembar keputusan diteken oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Paristiyanti Nurwardani pada 8 Agustus 2019. Melalui keputusan ini, diketahui Gibran menamatkan studi di bidang marketing.

"Ijazah Gibran diterbitkan pada 14 November 2010 di Singapura. "Bachelor-nya dari Singapura. Dari penyetaraan tersebut, Mas Gibran sarjana dari Singapura," kata Nizam kepada Tempo pada Sabtu, 18 November 2023.[TEMPO]

[VIDEO]
Baca juga :