Milisi Yaman Kembali Membajak dan Menguasai Kapal Tanker Israel

[PORTAL-ISLAM.ID]  TELUK ADEN - Para penyerang menyita sebuah kapal tanker yang terkait dengan Israel di lepas pantai Yaman pada hari Minggu (26/11/2023), kata pihak berwenang. Hingga kini setidaknya ada tiga kapal yang disita dalam beberapa hari terakhir yang dikaitkan dengan perang Israel-Hamas.

Para penyerang merebut Central Park berbendera Liberia, yang dikelola oleh Zodiac Maritime, di Teluk Aden, kata perusahaan dan firma intelijen swasta Ambrey. Seorang pejabat pertahanan Amerika, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya untuk membahas masalah intelijen, juga mengkonfirmasi kepada The Associated Press bahwa serangan itu memang terjadi.

Zodiac menyebut penyitaan itu sebagai “dugaan insiden pembajakan”.

Prioritas kami adalah keselamatan 22 awak di dalamnya, kata Zodiac dalam sebuah pernyataan.

Zodiac menggambarkan kapal itu milik Clumvez Shipping Inc., meskipun catatan lain secara langsung mengaitkan Zodiac sebagai pemiliknya. Zodiac Maritime yang berbasis di London adalah bagian dari Zodiac Group milik miliarder Israel Eyal Ofer. Catatan perusahaan Inggris mencantumkan dua pria dengan nama belakang Ofer sebagai direktur saat ini dan mantan direktur Clumvez Shipping, termasuk Daniel Guy Ofer, yang juga direktur di Zodiac Maritime.

UKMTO menyebutkan lokasi kapal tersebut lebih dari 60 kilometer (35 mil) selatan pantai Yaman, sekitar 80 kilometer (50 mil) timur Djibouti dan sekitar 110 kilometer (70 mil) timur laut Somalia di Teluk Aden, yang merupakan rute pelayaran utama.

(Sumber: AP)
Baca juga :