Dari Berlin Bendera Palestina Mengangkasa

[PORTAL-ISLAM.ID]  BERLIN - Ribuan demonstran turun ke jalan-jalan di Berlin pada hari Sabtu (4/11/2023) menuntut diakhirinya “genosida” Israel di Gaza. Pemerintah daerah sangat membatasi protes pro-Palestina.

Sekitar 6.000 orang melakukan unjuk rasa di ibu kota Jerman, kantor pers DPA melaporkan, meskipun beberapa kelompok sayap kiri yang terlibat dalam pengorganisasian unjuk rasa mengklaim bahwa jumlah yang ikut ambil bagian lebih dari lima kali lipat.

Rekaman video yang diambil oleh RT menunjukkan kerumunan orang memegang bendera Palestina dan plakat bertuliskan “hentikan genosida”, “berapa banyak anak yang harus mati?” dan “gencatan senjata sekarang.”

Berlin dan kota-kota lain di Jerman menanggapi pecahnya perang Israel-Hamas dengan melarang semua demonstrasi pro-Palestina. Beberapa protes ilegal diadakan di Berlin, dengan 65 petugas polisi terluka dan 174 pengunjuk rasa ditangkap dalam unjuk rasa yang berubah menjadi kekerasan di kota itu pada akhir Oktober.

Larangan tersebut telah dilonggarkan dan demonstrasi diizinkan. Ekspresi dukungan terhadap Hamas atau kelompok militan lainnya, serta slogan-slogan yang dianggap anti-Semit atau anti-Israel dilarang pada demonstrasi yang disetujui secara resmi ini. Undang-undang federal Jerman juga melarang pengagungan kekerasan dan pembakaran bendera Israel.

Pada hari Kamis, Menteri Dalam Negeri Jerman Nancy Faeser mengumumkan larangan semua kegiatan pro-Hamas dan membubarkan Samidoun cabang Jerman, sebuah kelompok yang mengorganisir demonstrasi pro-Palestina di Eropa dan Amerika. Faeser menuduh Samidoun mengadakan “perayaan gembira” ketika militan Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober.

Tindakan keras tersebut dikutuk oleh lebih dari 100 intelektual Yahudi Jerman. Dalam surat terbuka bulan lalu, kelompok tersebut menuduh polisi menggunakan anti-Semitisme sebagai alasan “untuk menekan ekspresi politik yang sah dan tanpa kekerasan, yang mungkin termasuk kritik terhadap Israel.”

Unjuk rasa pada hari Sabtu berlangsung damai, dengan polisi melaporkan penangkapan hanya satu orang; seorang wanita yang diduga menyerang seorang jurnalis.

[VIDEO]

Baca juga :