CSIS: “Israel” Sangat Mungkin Kalah

“Israel” Sangat Mungkin Kalah

Oleh: Jon B. Alterman 
Direktur Program Timur Tengah di Pusat Studi Strategis dan Internasional di Washington, DC

Tentara “Israel” mempunyai rekor kemenangan yang luar biasa. Ia memenangkan perang konvensional pada 1948, 1967, dan 1973; hal ini memaksa Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) untuk menghentikan perjuangan bersenjata pada 1996; dan hal ini telah menghalangi Hizbullah sejak kampanye 2006 yang menghancurkan kelompok tersebut.

Militer “Israel” menjadi kuat bukan hanya karena dukungan AS, namun juga karena segala sesuatu tentang militer “Israel”—mulai dari doktrin, organisasi, dan pelatihan hingga kepemimpinan dan personelnya—menjadikannya kekuatan tempur paling tangguh di Timur Tengah.

Kebanyakan diskusi mengenai perang di Gaza berasumsi bahwa pada akhirnya “Israel” akan menang. Taruhannya sangat besar bagi “Israel”, dan keunggulan “Israel” atas Hamas begitu besar, sehingga hasil apa pun selain kemenangan tidak dapat dibayangkan. Satu-satunya pertanyaan adalah jangka waktu berapa dan berapa biayanya.

Namun, sangat mungkin bahwa perang di Gaza akan menjadi perang pertama dalam sejarah “Israel” di mana tentaranya berperang dan dikalahkan. Kerugian ini akan menjadi bencana besar bagi “Israel” dan sangat merugikan Amerika Serikat. Justru karena itu, harus diperhatikan.

Militer “Israel” sebagian besar menghindari sejarah buruk yang menimpa Amerika Serikat sejak pecahnya Perang Vietnam, yang setelah itu mulai mencatat hasil yang kacau. Militer AS mengakhiri pertempuran di Libanon, Somalia, Haiti tanpa kemenangan yang jelas, namun pertempuran tersebut berskala kecil. Perang pasca-11/9 di Irak, Afghanistan, dan daerah perbatasan Suriah-Irak merupakan upaya serius dengan sumber daya yang besar, namun pertempuran bertahun-tahun, miliaran dolar, dan ribuan kematian di pihak AS gagal mencapai kemenangan.

Orang-orang “Israel” terkadang berpendapat bahwa tidak ada perbandingan antara perang untuk bertahan hidup, yang secara harfiah terjadi di perbatasan mereka, dengan tindakan AS yang sangat luas. Mereka juga berpendapat bahwa masyarakat “Israel” bersatu dalam hal kelangsungan hidup, sementara masyarakat Barat tidak stabil jika mau dibandingkan. “Israel” akan menang karena memang harus demikian, kata mereka. Namun bagaimana jika pelajaran yang diberikan Amerika Serikat adalah bahwa partai yang lemah sekalipun dapat memukul mundur partai yang kuat dengan strategi yang tepat?

Serangan yang dilakukan Hamas di “Israel” sering disamakan dengan ISIS dan Al-Qaeda, namun hal ini dapat mengalihkan perhatian dari hal yang sebenarnya penting: bahwa konsep kemenangan militer Hamas, seperti organisasi-organisasi lainnya, adalah tentang mendorong hasil politik jangka panjang. Hamas melihat kemenangan bukan dalam satu atau lima tahun, namun dari keterlibatannya dalam perjuangan selama puluhan tahun yang meningkatkan solidaritas Palestina dan meningkatkan isolasi “Israel”. Dalam skenario ini, Hamas mengumpulkan penduduk yang terkepung di Gaza dengan kemarahan dan membantu meruntuhkan pemerintahan Otoritas Palestina dengan memastikan warga Palestina melihatnya sebagai tambahan yang tidak bertanggung jawab terhadap otoritas militer “Israel”.

Sementara itu, negara-negara Arab semakin menjauh dari normalisasi, negara-negara di Amerika Selatan sangat mendukung perjuangan Palestina, Eropa kecewa dengan tindakan militer “Israel” yang berlebihan, dan perdebatan Amerika mengenai “Israel”, menghancurkan dukungan bipartisan yang telah dinikmati “Israel” sejak awal 1970an.

Gemuruh perang regional sangat menguntungkan Hamas, sehingga memicu perdebatan global mengenai dampak aliansi dengan “Israel”. Kemampuan “Israel” untuk mempertahankan solidaritasnya melalui proses ini bukanlah perhatian utama Hamas. Sebaliknya, tujuannya adalah untuk menjauhkan “Israel” dari mitra internasionalnya dan mengubahnya menjadi negara paria seperti yang diyakini Hamas.

Hamas tidak perlu kuat untuk mengikuti strategi ini; mereka hanya perlu tabah. Daripada mengandalkan kekuatan yang cukup untuk mengalahkan “Israel”, mereka malah berupaya menggunakan kekuatan “Israel” yang jauh lebih besar untuk mengalahkan “Israel”. Kekuatan “Israel” memungkinkan negara tersebut membunuh warga sipil Palestina, menghancurkan infrastruktur Palestina, dan menentang seruan global untuk menahan diri. Semua hal tersebut mendukung tujuan perang Hamas.

Hamas berencana untuk kalah dalam banyak pertempuran, seperti yang terjadi sebelumnya. Namun keberhasilan luar biasa yang dicapai kelompok ini pada 7 Oktober akan menginspirasi generasi masa depan Palestina yang menghargai kemenangan kecil sekalipun melawan rintangan yang mustahil. Meski Hamas berupaya merebut kembali Yerusalem, tujuan tersebut serupa dengan pandangan Yahudi tentang kedatangan Mesias dan pandangan Kristen tentang Kedatangan Kedua. Kewajiban untuk mengusahakannya terus hidup tidak peduli seberapa besar kemungkinan untuk melihatnya dalam hidup seseorang.

“Israel” bertaruh bahwa mereka dapat membunuh cukup banyak pejuang Hamas dengan cukup cepat untuk menang, dan “Israel” akan menyelesaikan rinciannya setelahnya. Tujuan Hamas adalah tetap berpegang teguh layaknya stalemate dalam catur. Apa yang harus dilakukan “Israel” untuk memastikan Hamas dikalahkan?

Ada dua hal yang saling berkaitan yang terpenting, dan keduanya tidak sepenuhnya bersifat militer. Yang pertama adalah mendapatkan kembali dukungan global. Hal ini paling penting dilakukan di negara-negara sekitar, yang sebagian besar memiliki permusuhan yang sama dengan “Israel” terhadap Hamas. Ketika “Israel” sampai pada titik untuk mengupayakan penarikan diri dari Gaza – dan meskipun ada klaim baru-baru ini bahwa mereka tidak akan melakukan penarikan, “Israel” masih perlu melakukan hal tersebut – maka diperlukan kerja sama dari negara-negara seperti Mesir, Yordania, dan Arab Saudi untuk memandu pembangunan kembali wilayah tersebut. Negara-negara ini perlu mendukung masuknya pasokan, memberikan perlindungan polisi, mendanai rekonstruksi, dan melegitimasi struktur pemerintahan apa pun yang muncul.

“Israel” juga perlu membantu memperkuat Otoritas Palestina, yang telah runtuh selama bertahun-tahun. Meskipun tidak satu pun dari negara-negara ini yang berkomitmen penuh terhadap perjuangan Palestina, mereka semua tersinggung dengan apa yang mereka lihat sebagai ketidakpedulian “Israel” terhadap kehidupan Arab. Mereka tidak akan bersedia untuk ikut serta di belakang tank-tank “Israel”, dan merasa sedikit tanggung jawab untuk menjaga “Israel” dari tindakan mereka sendiri. Mereka tidak ingin mengambil tanggung jawab atas Gaza, namun mereka dapat memajukan sebagian kepentingan mereka sendiri di Gaza dan mencegah ancaman terhadap mereka agar tidak mengakar di sana.

“Israel” harus terlibat langsung dengan pemerintah-pemerintah ini sekarang. Pemerintah perlu memastikan bahwa mereka merasa didengarkan, mulai meyakinkan mereka bahwa Gaza yang stabil akan terwujud jika mereka mempunyai peran di dalamnya, dan meyakinkan mereka bahwa Gaza yang stabil akan memenuhi kepentingan mereka.

Bagian kedua, yang terkait, adalah bahwa “Israel” perlu memisahkan Hamas dari masyarakat di sekitarnya, dan untuk memastikan bahwa solidaritas Palestina yang muncul dari perang ini berpusat pada alternatif yang kuat selain Hamas. Praktik penargetan “Israel” berperan dalam hal ini, namun secara realistis, diperlukan organisasi atau gerakan alternatif yang kredibel untuk memajukan aspirasi Palestina demi kesejahteraan dan penentuan nasib sendiri. Proyek bersama, rasa bermartabat, dan rasa memiliki akan sangat membantu dalam memotivasi kelompok rentan, dan jika kelompok bersenjata yang melakukan kekerasan memberikan satu-satunya jalan untuk melakukan hal-hal tersebut, kelompok-kelompok tersebut akan menikmati keunggulan yang tak terbantahkan dalam kehidupan Palestina.

“Israel” akan lebih terlayani jika ada gerakan Palestina yang kuat, dan gerakan yang mampu melawan “Israel”, bukan sekadar menyerah padanya. Otoritas Palestina di bawah Mahmoud Abbas telah gagal dalam hal ini, dan akibatnya peringkat persetujuan Abbas hampir tidak mencapai satu digit pun. Mantan ketua Shin Bet Ami Ayalon berpendapat bahwa Palestina membutuhkan cakrawala politik, namun cakrawala ini lebih luas dari itu. Penderitaan warga Palestina mempunyai banyak bentuk—dan warga Palestina ikut bertanggung jawab atas penderitaan tersebut—namun mereka harus merasa bahwa penderitaan ini bisa diakhiri.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken hanya menghabiskan sebagian besar waktunya di Timur Tengah untuk mendorong ide-ide ini dan ide-ide lainnya, namun ia tidak terlalu berhasil. “Israel” tampaknya berada dalam mode perang. Jika pernyataan publiknya bisa menjadi indikasi, mereka belum cukup memikirkan seperti apa kemenangan itu.

Hamas dilaporkan telah merencanakan aksinya pada 7 Oktober selama bertahun-tahun, tidak yakin akan keberhasilannya namun cukup yakin dengan tanggapan “Israel”. “Israel” tidak boleh kalah perang. Namun dalam upayanya untuk menang, mereka bisa saja melakukannya. (arrahmah.id)

_____
*Tulisan ini dibuat oleh Center for Strategic and International Studies (CSIS), sebuah lembaga swasta bebas pajak yang berfokus pada isu-isu kebijakan publik internasional. 

**Jon B. Alterman adalah wakil presiden senior, menjabat sebagai Ketua Zbigniew Brzezinski di bidang Keamanan Global dan Geostrategi, dan direktur Program Timur Tengah di Pusat Studi Strategis dan Internasional di Washington, DC

Baca juga :