Analis Militer: Kerugian yang Diderita “Israel” Jauh Lebih Besar dari yang Dilaporkan

[PORTAL-ISLAM.ID] Para analis politik dan militer – yang menjadi pembicara dalam program “Gaza… What Next?” – sepakat bahwa pengumuman tentara pendudukan “Israel” bahwa jumlah perwira dan tentara mereka yang terluka selama perang mencapai 1.000 orang tidak mewakili jumlah korban sebenarnya, yaitu mereka percaya lebih dari itu, dan menekankan bahwa kerahasiaan informasi dalam perang ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Sehubungan dengan pernyataan Kepala Staf Angkatan Darat “Israel”, Herzi Halevy, di mana ia mengakui kegagalan tentara dan intelijen pada 7 Oktober, Angkatan Darat “Israel” mengakui, lebih dari 50 hari setelah dimulainya perang, bahwa 1.000 orang perwira dan tentaranya terluka, termasuk 202 orang yang menderita luka serius.

Pengumuman ini disampaikan beberapa hari setelah ketua Asosiasi Penyandang Disabilitas di Tentara Israel menyatakan bahwa invasi di Gaza mengakibatkan 1.600 orang tentara “Israel” menjadi cacat dan mengungkap ribuan lainnya menderita gangguan psikologis akibat kengerian perang.

Dr. Muhannad Mustafa, seorang pakar “Israel”, mengatakan bahwa invasi kali ini, merupakan konfrontasi pendudukan yang paling ketat soal kerahasiaan dan pencegahan informasi yang sampai ke rakyat “Israel”, baik dalam hal jalannya operasi militer atau kerugian yang diakibatkannya.

Mustafa menghubungkan hal ini dengan upaya pimpinan politik dan militer untuk menjaga emosi masyarakat dan mempertahankan dukungan serta kepercayaan terhadap tentara, yang jelas terguncang setelah kegagalan pada 7 Oktober, di mana kepercayaan historis antara masyarakat dan institusi militer terpuruk dan rusak.

Dalam konteks ini, ia menunjukkan bahwa media “Israel” terlihat sangat terlibat dengan narasi resmi, mengadopsi pengumuman juru bicara militer, yang terbukti salah lebih dari satu kali, dan mengandalkan informasi yang tidak akurat, menghindari menghadapkannya dengan pertanyaan nyata dan obyektif tentang apa yang terjadi di Gaza.

Pada gilirannya, Mayor Jenderal Fayez Al-Duwairi, seorang ahli militer dan strategis, mengatakan bahwa angka-angka yang diumumkan oleh pendudukan “Israel” tidak mewakili kebenaran atau setengahnya, menyatakan keyakinannya bahwa kerugiannya jauh lebih besar daripada berdasarkan data. Yang paling menonjol adalah apa yang diungkapkan oleh Abu Ubaida, juru bicara Brigade al-Qassam, sayap militer gerakan Hamas yang mendokumentasikannya dengan klip video yang tidak mencakup seluruh konfrontasi.

Di antara data yang digunakan Al-Duwairi untuk meragukan narasi “Israel” adalah pernyataan para jurnalis dari dalam wilayah pendudukan, beberapa di antaranya berbicara tentang lebih dari dua ribu kematian orang “Israel” dan 11.000 orang terluka, tanpa berbicara tentang mereka yang menderita trauma psikologis akibat invasi “Israel”.

Al-Duwairi menentang analisis “Israel” yang percaya bahwa periode gencatan senjata dan pembebasan tawanan yang ditahan oleh Hamas akan meningkatkan moral tentara “Israel”, yang akan meningkatkan kinerja mereka jika pertempuran terus berlanjut di lapangan dan bahwa para tahanan tidak dibebaskan melalui operasi militer, melainkan melalui gencatan senjata dan negosiasi.

Sementara Dr. Khalil Al-Anani, profesor ilmu politik dan hubungan internasional, percaya bahwa pemerintah Amerika telah sepenuhnya yakin bahwa sulit bagi “Israel” untuk mencapai tujuan utamanya, yaitu menyingkirkan Hamas, serta kesulitannya pembebasan para sandera melalui operasi militer, sehingga sangat mendesak untuk mengadakan perundingan untuk membebaskan para sandera.

Dia menunjukkan bahwa media Amerika baru-baru ini mulai berbicara tentang kemungkinan peralihan dari gencatan senjata sementara ke gencatan senjata permanen dan kemudian gencatan senjata total, yang merupakan perubahan besar dalam wacana, yang menunjukkan kesadaran Amerika akan ketakutan bahwa perang dapat berubah menjadi sebuah konflik. Konflik regional terbuka jika berlangsung lebih lama.

Al-Anani percaya bahwa kemungkinan besar akan ada tinjauan internal Amerika yang tidak diumumkan sebelumnya mengenai pencarian jalan keluar dari krisis ini, yang didasarkan pada dua hal: yang pertama adalah menyelamatkan muka Israel, dan yang lainnya adalah untuk mencegah Hamas melakukan hal yang sama. memberikan gerakan Hamas euforia kemenangan.

Namun pada saat yang sama, ia percaya bahwa visi Amerika yang jelas belum tercapai mengenai situasi di Gaza setelah perang, dan pengaturan keamanan yang diperlukan pada saat itu, yang mungkin dalam kerangka penciptaan zona keamanan dan kehadiran pasukan internasional seperti pasukan UNIFIL di Libanon selatan. (arrahmah.id)

Baca juga :