Tahanan Wanita Ungkap Diperlakukan Dengan Baik Oleh Hamas, Pejabat Israel Uring-uringan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Para pejabat Israel dilaporkan tidak senang dengan wawancara yang diberikan oleh seorang lansia mantan tawanan kelompok perlawanan Palestina Hamas di Gaza.

Dalam konferensi pers, seperti dilansir Middle East Eye (24/10/2023), Yocheved Lifshitz (85), seorang tawanan Israel yang dibebaskan dari Gaza pada Senin (23/10/2023) malam, mengatakan dia diperlakukan dengan “lembut” dan baik.

Sumber mengatakan kepada media Israel Kan News bahwa wawancara itu adalah sebuah kesalahan dan tidak ada pertemuan pendahuluan Lifshitz sebelum pernyataan persnya.

Lifshitz adalah satu dari empat warga Israel yang dibebaskan setelah pejuang Palestina pimpinan Hamas menyerbu komunitas Israel di dekat Jalur Gaza dalam serangan yang menewaskan sekitar 1.400 warga Israel.

Dia adalah salah satu sandera tertua yang ditahan oleh Hamas di Gaza yang menghabiskan lebih dari dua minggu di tempat penyanderaan.

Dia dibebaskan bersama tawanan lainnya, Nurit Yitzhak yang berusia 79 tahun.

Lifshitz mengatakan, seorang petugas medis dan kemudian seorang dokter mengunjunginya ketika dia ditahan oleh Hamas, untuk memeriksa kondisinya.

“Mereka mengurus setiap detailnya,” katanya.

Lifshitz mengatakan para penculiknya “memenuhi” kebutuhannya.

“Mereka memastikan bahwa mereka mengonsumsi makanan yang sama seperti yang kita makan, keju putih, dan mentimun,” tambahnya.

Menceritakan kembali kisah ibunya, putri Lifshitz, Sharone, mengatakan: “Ketika dia pertama kali tiba, anggota Hamas mengatakan kepada kami bahwa mereka (Hamas) adalah Muslim dan mereka tidak akan menyakiti kami.”

Ketika Lifshitz ditanya mengapa dia berjabat tangan dengan pejuang Hamas sebelum dibebaskan, dia menjawab: “Mereka bersikap lembut terhadap kami, kebutuhan kami dipenuhi.”

Israel mengatakan bahwa Hamas menahan 220 warganya sebagai tahanan, beberapa di antaranya memiliki kewarganegaraan dari berbagai negara, namun jumlah tersebut sebenarnya mungkin lebih tinggi, karena puluhan orang masih hilang.

Hamas mengatakan 22 tawanan tewas dalam pemboman Israel di Gaza, yang telah menewaskan sedikitnya 5.000 warga Palestina, yang sebagian besar adalah warga sipil.

Dalam sebuah wawancara dengan Sky News yang disiarkan pada hari Selasa, pemimpin senior Hamas Khaled Meshaal mengatakan kelompoknya akan melepaskan semua sanderanya sebagai imbalan atas berakhirnya pemboman di Gaza. 

[VIDEO]
Baca juga :