Putra Mahkota Saudi menegaskan dukungannya yang teguh terhadap hak-hak sah Palestina

[PORTAL-ISLAM.ID] RIYADH — Dalam serangkaian diskusi diplomatik, Putra Mahkota dan Perdana Menteri Mohammed bin Salman menegaskan kembali dukungan teguh Arab Saudi terhadap hak-hak sah rakyat Palestina selama panggilan telepon dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada hari Senin (9/10/2023).

Para pemimpin terlibat dalam dialog komprehensif, mengatasi eskalasi militer di Gaza dan wilayah sekitarnya. Mereka menyatakan keprihatinan mendalam atas situasi yang memburuk ini, dan menyadari ancaman yang ditimbulkannya terhadap kehidupan sipil serta keamanan dan stabilitas regional.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman menggarisbawahi upaya proaktif Kerajaan untuk berkolaborasi dengan pemangku kepentingan internasional dan regional, yang bertujuan untuk segera mengakhiri eskalasi yang sedang berlangsung dan mencegah penyebarannya lebih lanjut di wilayah tersebut. Dia menekankan pentingnya menegakkan hukum kemanusiaan internasional dan menahan diri untuk tidak menargetkan warga sipil.

Selain itu, Putra Mahkota menegaskan kembali komitmen Arab Saudi untuk mendukung rakyat Palestina dalam memperjuangkan hak-hak mereka yang sah, mendukung kehidupan yang bermartabat, mewujudkan harapan dan aspirasi, serta mencapai perdamaian yang adil dan abadi.

Presiden Mahmoud Abbas menyampaikan rasa terima kasihnya yang tulus kepada kepemimpinan Kerajaan Arab Saudi, mengakui pendiriannya yang teguh dan upayanya yang penuh dedikasi dalam mendukung rakyat Palestina dan perjuangan mereka.

Dalam percakapan terpisah, Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan Raja Abdullah II bin Al-Hussein dari Yordania menyelidiki situasi yang meningkat di Gaza, menegaskan kembali kekhawatiran tentang dampaknya terhadap kehidupan sipil dan stabilitas regional.

Selain itu, dalam pembicaraan dengan Presiden Abdel Fattah El-Sisi dari Mesir, para pemimpin sepakat mengenai pentingnya mengintensifkan upaya internasional dan regional untuk menghentikan eskalasi di Gaza dan sekitarnya, dan menekankan perlunya mencegah perluasannya di wilayah yang lebih luas.


Baca juga :