Muhammad, Nama Paling Populer Sedunia

[PORTAL-ISLAM.ID]  Melansir laman Amic Information, Senin (31/7/2023) survei Global Index baru-baru ini menunjukkan data bahwa nama Muhammad adalah nama depan paling populer di dunia. 

Jumlahnya tak tanggung-tanggung, total ada 133.349.300 orang yang bernama Muhammad di tahun 2023. Nama populer kedua adalah Maria, sejumlah 61.134.526 dan ketiga adalah Nushi sebanyak 55.898.624.

Kalaulah nama Muhammad hanya populer di negara-negara yang mayorits penduduknya Muslim, tentu wajar saja.

Tapi ternyata, nama Mohammed atau Muhammad juga menjadi nama yang paling populer di Inggris selama 5 tahun berturut-turut, sebagaimana data dari Baby Centre Inggris yang dilansir The New Arab (10/12).

MasyaAllah!

Tak disangsikan, nama Muhammad adalah nama terbaik di dunia. Diriwayatkan Rasulullah SAW pernah mengubah nama yang artinya buruk di kalangan sahabat menjadi lebih baik maknanya.

Di antaranya nama Qalilah (sedikit) menjadi Kathirah (banyak), 'Aasiyah (pendosa) menjadi Jamilah (cantik), Harb (perang) menjadi Salam (damai), Sa'b (sulit) menjadi Sahl (mudah ditangani) dan seterusnya.

Manusia Mulia itu terlahir ke bumi pada 12 Rabiul Awwal yang bertepatan dengan 20 April 571 M. Banyak peristiwa menakjubkan yang mengirini kelahirannya.

Imam Baihaqi menuturkan bahwa seorang perempuan bernama Fatimah berkata, "Aku hadir dan menyaksikan kelahiran Muhammad. Ketika itu, aku melihat cahaya terang menyinari seisi rumah tempatnya dilahirkan. Aku juga melihat beberapa bintang bersinar turun mendekat hingga aku merasa seolah-olah bintang-bintang itu hendak mematuhi diriku.”

Di waktu bersamaan, di Persia, api abadi yang disembah kaum Majusi tetiba padam. Padahal selama berabad-abad api itu tak pernah padam. Pemuka agama Majusi menyadari, pada saat itu sebuah peristiwa besar tengah terjadi di muka bumi.

Keyakinan yang sama juga dirasakan para ahli kitab, Yahudi dan Nasrani, mereka melihat bintang jatuh yang bersinar sangat terang. “Nabi penutup zaman telah lahir,” kata tetua agamanya.

Dalam sebuah riwayat dikisahkan Abdul Muthalib pernah berkata, "Sewaktu aku berada di dekat Ka'bah, patung berhala yang ada di dalam Ka'bah tiba-tiba jatuh tersungkur dari tempatnya dalam bentuk bersujud kepada Allah,” katanya pada hari kelahiran Rasulullah SAW.

Esok hari adalah tanggal 12 Rabiul Awwal, perbanyak bershalawat agar kelak kita dipertemukan dengan manusia yang paling kita rindukan di tepi telaga Kautsar.

“Allahumma shalli 'alaa Muhammad wa'alaa aali Muhammad.”

(By Uttiek)

Baca juga :