Ketum GP Ansor Yaqut Ungkap Arah Dukungan di Pilpres 2024 Usai Erick Thohir Tidak Jadi Cawapres

[PORTAL-ISLAM.ID] Menteri BUMN yang juga kader Banser, Erick Thohir, gagal menjadi cawapres di Pilpres 2024. Dari tiga calon presiden yang maju, Erick Thohir ternyata tidak ada yang melirik. 

Padahal Erick Thohir mendapat dukungan dari Ketum GP Ansor yang juga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Lantas siapa pasangan yang akan didukung oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Banser?

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas irit bicara ketika disinggung terkait hal tersebut. Yaqut hanya menyebut Ansor dan Banser bukan partai politik.

"Ansor Banser bukan partai politik kok," kata Gus Yaqut saat menghadiri Mudzakarah Perhajian Indonesia 2023 di Sportorium UMY, Kasihan, Bantul, Senin (23/10/2023), dilansir detikcom. Yaqut menjawab pertanyaan soal siapa pasangan capres-cawapres yang didukung dalam Pilpres 2024.

Yaqut kemudian ditanya soal pasangan mana yang paling mewakili Nahdatul Ulama (NU). Lagi-lagi Yaqut tak menjawab lugas.

"Yang mewakili NU yang paling bermanfaat bagi bangsa dan negara," ujar Yaqut singkat sembari meninggalkan awak media.

Perlu diketahui, tiga pasang capres-cawapres telah muncul untuk berkontestasi di Pilpres 2024. Ketiganya adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Yaqut Cholil Qoumas Sebut Erick Thohir Layak Maju Cawapres

Sebelumnya, Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyebut Erick Thohir menjadi figur yang layak maju cawapres lantaran kepemimpinannya sukses. Utamanya dalam membawa banyak perubahan besar di tubuh BUMN.

Selain daripada itu, dia menyebut, Eks Presiden Inter Milan ini telah sukses menunjukkan nilai-nilai integritas. Sehingga tidak mengherankan sosoknya begitu disukai berbagai kalangan masyarakat Tanah Air.
"Kita bersyukur bangsa ini melahirkan banyak pemimpin sangat mumpuni dan berintegritas seperti Pak Erick Thohir," kata Yaqut yang juga menjabat sebagai Menteri Agama dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 25 April 2023, dilansir MediaIndonesia.

Bagi pria yang karib disapa Gus Yaqut ini, Erick Thohir merupakan salah satu sosok tepat untuk dapat didukung oleh ragam masyarakat. Menurut dia Erick Thohir merupakan sosok pemimpin yang dapat menjaga kepercayaan masyarakat.

Sehingga dengan begitu, lanjut dia, kepemimpinan Erick Thohir akan mampu menghadirkan beragam dampak positif besar. Termasuk mempercepat hadirnya kemajuan bagi Bangsa Indonesia ke depan.

"Saya optimistis pada Pilpres 2024 mereka tepat jika diberi amanah dari rakyat untuk menjawab tantangan bangsa ini ke depan," pungkasnya. 

Dukung Erick, Yaqut Minta GP Ansor & Banser Serahkan Punggung Dan Berikan Pundak Untuk Panjatan

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas memberi sinyal mendukung Erick Thohir, yang telah menjadi anggota GP Ansor sejak November 2021, untuk menjadi pemimpin Indonesia.

Dalam acara Tasyakuran Harlah ke-88 Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Minggu (24 April 2022), Yaqut menyebut Erick sebagai kader GP Ansor, sekaligus menteri terbaik yang dimiliki Indonesia.

"Sahabat Erick Thohir sedang meniti perjuangan menuju puncak pengabdiannya. Artinya apa? Silakan dimaknai sendiri," ujarnya.
Dalam kesempatan tersebut, Yaqut menyatakan siap mengawal dan memberikan komando kepada jajaran GP Ansor, untuk mendukung Erick.

"Wasilahnya macam-macam. Perantaranya macam-macam. Salah satu perantaranya adalah bagaimana kita mampu mendudukkan kader terbaik kita, menjadi pemimpin negeri yang kita cintai ini. Kita semua berkewajiban. Saya siap memberikan komando, sampai tujuan," papar Yaqut.

"Sebagai Ketua Umum, saya memerintahkan kepada seluruh kader Gerakan Pemuda Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) untuk menyerahkan punggungnya, memberikan pundaknya sebagai panjatan untuk mengangkat kader terbaik kita. Agar ketika di atas, sahabat terbaik kita ini mampu mengangkat sahabat-sahabat yang masih di bawah," pungkasnya, dilansir RakyatMerdeka.

SEPERTINYA GUS YAQUT TAMBAH BIJAK SETELAH ERICK GAGAL NYAWAPRES, OMONGANNYA GAK NYLEKIT LAGI 😁
Baca juga :