Kepala BIN "Orang Dekat Megawati" Bakal Diganti? GAK BAHAYA TAH 😁

[PORTAL-ISLAM.ID] Usai Gibran Rakabuming Raka resmi cawapres Prabowo Subianto, hari-hari ini perkembangan politik seakan memanas.

Konflik politik Jokowi dengan Megawati Soekarnoputri disebut berimbas ke kabinet, salah satunya isu reshuffle berhembus, termasuk pergantian Kepala BIN Budi Gunawan orang dekat Megawati.

Presiden Jokowi disebut bakal mengganti Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, orang dekat Megawati Soekarnoputri.

Analis politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting memperkirakan Budi Gunawan bakal diganti.

Ginting melalui keterangan pers yang diterima, Selasa (24/10) menyebutkan, konflik politik yang tidak bisa dihindari antara Presiden Jokowi dengan Ketua Umum PDIP Megawati inilah yang memaksa Jokowi akan mengganti Kepala BIN dalam beberapa hari ini.

Isu pergantian Kepala BIN seiring dengan pernyataan Presiden Jokowi yang akan melakukan reshuffle kabinet.

Presiden Joko Widodo menyebut perombakan kabinet alias reshuffle berpeluang dilakukan pekan ini, dengan pos menteri yang akan diisi adalah Menteri Pertanian. 

"Mungkin minggu ini. [Hari ini] Baru disiapkan," kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan soal reshuffle, Selasa (24/10/2023). 

Jokowi menyebut Menteri Pertanian akan diisi oleh sosok baru. Menteri Pertanian sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo, mundur terkait kasus dugaan korupsi di KPK. 

Selain pos Menteri Pertanian (yang kabarnya akan diisi Ketum Partai Demokrat AHY), juga berhembus isu pergantian Kepala BIN Budi Gunawan (GB) yang sudah mafhum diketahui sebagai 'orang dekat' Megawati.

"Klu benar jadi BG dicopot berarti Jokowi dah kibarkan bendera perang sama Megawati," komen netizen.

Baca juga :