Bukan Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani Jadi Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Ini Profilnya...

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani resmi menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Berikut profil Rosan Roeslani.

Diperkenalkan Prabowo Jadi Ketua Tim Kampanye Nasional

Dilansir detikNews, bakal capres Prabowo Subianto memperkenalkan Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju. Perkenalan itu dilakukan saat deklarasi Prabowo-Gibran di Indonesia Arena, GBK, Jakarta.

"Yang saya hormati, Bapak Rosan Roeslani, Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo di Indonesia Arena, Rabu (25/10/2023).

Pantauan detikcom di lokasi, Rosan Roeslani tampak berada di baris terdepan, sejajar dengan Prabowo-Gibran. Dia terlihat duduk di samping Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Tampak Rosan Roeslani berkemeja putih. Dia mengikuti rangkaian acara di Indonesia Arena, GBK.
Diketahui, selain sebagai Wamen BUMN, Rosan juga dikenal sebagai pengusaha, sempat jadi timses Jokowi-Ma'ruf, dan pernah menjadi dubes. Berikut profilnya.

Profil Rosan Roeslani

Dilansir dari laman wikipedia, Rabu (25/10/2023), Rosan awalnya dikenal sebagai pengusaha. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia/KADIN (2015-2021).

Rosan Roeslani menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN yang dilantik pada tanggal 17 Juli 2023 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 32/M Tahun 2023.

Sebelumnya, dia menjabat Duta Besar Indonesia Untuk Amerika Serikat ke-21 (25 Oktober 2021 – 17 Juli 2023).

Bisnis dan Usaha

Pria kelahiran Jakarta 31 Desember 1968, ini memulai perjalanan profesionalnya di bidang keuangan dan kewirausahaan. 

Bersama sahabatnya Sandiaga Uno, Rosan mulai merintis usaha sebagai penasihat keuangan (financial advisors). Perusahaan yang dirintis sejak 1996 itu akhirnya resmi berdiri pada 1997 dengan nama PT Republik Indonesia Funding, yang lebih dikenal sebagai Finance Indonesia

Segmen wirausaha yang sempat dicibir sejumlah orang itu akhirnya membuahkan hasil manis. Krisis ekonomi yang menerpa Indonesia sejak akhir '97 menuntut perusahaan-perusahaan nasional untuk mencari orang-orang yang mampu menyehatkan kembali perusahaan dan bisnis yang dikelola. Krisis pun berubah menjadi berkah bagi Rosan cs. 

Berawal dari kantor kecil seluas 70-an meter persegi di Gedung Tifa, Setiabudi, Jakarta, Finance Indonesia mulai mencuri perhatian para pemilik modal besar. 

Pada tahun 2002, Indonesia Finance berganti nama menjadi Recapital. Dari sebuah perusahaan penasihat keuangan kecil, Recapital menjadi perusahaan besar, terkemuka, dan kompeten dalam hal kerja sama strategis, manajemen aset keuangan dan investor. 

Dengan finansial dan perbankan sebagai leading sector, bisnis Recapital semakin menggurita dengan memasuki sektor-sektor lain di bidang industri di mana sektor pertambangan, infrastruktur, properti, hingga media dan komunikasi termasuk yang dirambah. 
Saat Pilpres 2019, Rosan pernah menjadi Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Dia kemudian terlibat dalam sejumlah inisiatif strategis pemerintah sebagai perwakilan sektor swasta utama termasuk Ketua Satgas Cipta Kerja Omnibus Law Indonesia (2019-2021) dan Ketua Badan Penasihat Badan Arbitrase Nasional (BANI) (2019- 2021). Dia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Courtesy Board Masyarakat Ekonomi Syariah Indonesia (MES).

Rosan juga pernah terlibat dalam beberapa program besar yang dipimpin pemerintah, seperti Ketua Misi Kontingen Olimpiade Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 (2021) dan Wakil Ketua COVID-19, Komite Respon dan Pemulihan Ekonomi Nasional/KPC-PEN (2020-2021). 
Baca juga :