🚨 BREAKING: Elon Musk Akan Mengaktifkan Internet di Gaza Lewat Starlink

[PORTAL-ISLAM.ID] GAZA - Gaza, wilayah yang telah lama diblokade Israel dan sekarang dihujani ratusan bom setiap hari, mengalami krisis komunikasi yang lebih dalam setelah perusahaan telekomunikasi terbesar dan terakhir di Palestina, Paltel, hancur akibat serangan udara militer Israel. 

Dampaknya sangat dirasakan oleh masyarakat Gaza yang sekarang kehilangan akses ke seluruh layanan jaringan telepon dan internet.

Situasi ini mengisolasi mereka dari dunia luar, menghambat komunikasi dengan keluarga dan teman-teman, serta mengganggu akses informasi penting dalam situasi darurat. 

Pada Sabtu (28/10/2023), masyarakat di Gaza dan masyarakat internasional di media sosial, khususnya Twitter, meluncurkan sebuah kampanye dengan tagar #StarlinkForGaza, dengan harapan bahwa Elon Musk dapat membantu memberikan akses internet melalui layanan Starlink.

Starlink adalah layanan internet satelit yang dioperasikan oleh perusahaan milik Elon Musk, SpaceX. 

Starlink menghadirkan akses internet berbasis satelit yang cepat dan andal ke berbagai wilayah di seluruh dunia. Starlink, yang beroperasi dari orbit rendah bumi, telah membuka pintu bagi banyak orang yang tinggal di daerah terpencil yang tidak memiliki akses internet melalui serat optik atau infrastruktur konvensional.

SpaceX telah meluncurkan ribuan satelit Starlink ke orbit dan telah membuat layanan ini tersedia di beberapa negara, termasuk di Asia. 

Kampanye #StarlinkForGaza dengan harapan bahwa Elon Musk dan SpaceX dapat mempertimbangkan memberikan akses Starlink kepada masyarakat Gaza yang sedang mengalami kesulitan komunikasi akibat konflik berkepanjangan.

"Memutuskan semua komunikasi ke populasi 2,2 juta jiwa adalah hal yang tidak dapat diterima. Jurnalis, profesional medis, upaya kemanusiaan, dan orang-orang tak berdosa semuanya terancam punah. Saya tidak tahu bagaimana tindakan seperti itu bisa dipertahankan. Amerika Serikat secara historis mengecam praktik ini," kata Alexandria Ocasio-Cortez @AOC.

Elon Musk akhirnya buka suara dan menjanjikan akan memberikan akses internet starlink di Gaza.

"Starlink akan mendukung konektivitas ke organisasi bantuan yang diakui secara internasional di Gaza," kata Elon Musk di akun twitternya @elonmusk, Sabtu (28/10/2023).

👇👇
Baca juga :