Antonio Inoki, Legenda Pegulat Jepang Yang Menjadi Mualaf

Antonio Inoki

Antonio Inoki (lahir dengan nama Kanji Inoki) adalah seorang pegulat profesional Jepang, seniman bela diri, politikus, dan promotor gulat profesional dan seni bela diri campuran.

Dia paling dikenal dengan nama Antonio Inoki sebagai penghormatan kepada sesama pegulat profesional Antonino Rocca.

Inoki adalah juara dunia gulat profesional dua belas kali, terutama menjadi Juara Kelas Berat IWGP pertama dan Juara Kelas Berat WWF Asia pertama.

Inoki tercatat sebagai mantan atlet gulat profesional Jepang pertama yang masuk dalam WWE (World Wrestling Entertainment) Hall of Fame. Menurut Japan Daily Press, beberapa tahun sebelum kematiannya, lelaki kelahiran 20 Februari 1943 itu aktif sebagai duta perdamaian lewat jalur olahraga dan kepemudaan.

Semasa hidupnya, dia mengganti namanya menjadi Muhammad Hussain Inoki setelah memutuskan untuk masuk Islam. Keputusan menjadi mualaf diambil Inoki pada 1990. Kala itu, dia sedang berada di Irak untuk membantu membebaskan para warga Jepang yang disandera di sana.

Namun, kabar masuk Islamnya Inoki serta pergantian namanya menjadi Muhammad Hussain baru terungkap 22 tahun setelahnya, yaitu pada 2012. Menurut Inoki, nama baru itu sebagai bentuk kebanggaannya menjadi seorang muslim.

Setelah menghabiskan masa remajanya di Brasil, Inoki memulai karir gulat profesionalnya pada tahun 1960-an untuk Japan Pro Wrestling Alliance di bawah asuhan Rikidōzan.

Inoki dengan cepat menjadi salah satu bintang terpopuler dalam sejarah gulat profesional Jepang.

Ia mempertaruhkan karier gulatnya hingga menjadi salah satu atlet paling terkenal di Jepang, sebuah reputasi yang diperkuat oleh pertarungannya pada tahun 1976 melawan petinju juara dunia Muhammad Ali – sebuah pertarungan yang menjadi cikal bakal seni bela diri campuran modern.

Pada tahun 1995, bersama Ric Flair, Inoki menjadi headline dua pertunjukan di Korea Utara yang menarik 165.000 dan 190.000 penonton, jumlah penonton tertinggi dalam sejarah gulat profesional.

Inoki bergulat dalam pertandingan pensiunnya pada tanggal 4 April 1998, melawan Don Frye dan dilantik ke dalam WWE Hall of Fame pada tahun 2010.

Inoki memulai karir promosinya pada tahun 1972, ketika ia mendirikan New Japan Pro-Wrestling.

Dia tetap menjadi pemilik NJPW hingga tahun 2005 ketika dia menjual saham pengendalinya dalam promosi tersebut ke perusahaan video game Yuke.

Pada tahun 2007, ia mendirikan Federasi Genom Inoki.

Pada tahun 2017, Inoki mendirikan ISM dan tahun berikutnya keluar dari IGF.

Dia juga salah satu pendiri gaya karate Kansui-ryū bersama dengan master Matsubayashi-ryū Yukio Mizutani.

Pada tanggal 1 Oktober 2022, pada usia 79 tahun, Inoki meninggal karena amiloidosis transthyretin sistemik.

Pada tanggal 4 Januari 2023, New Japan Pro-Wrestling mengadakan acara Wrestle Kingdom 17 sebagai penghormatan kepada Inoki.

Promosi gulat profesional Amerika All Elite Wrestling mengadakan acara pada tanggal 1 Oktober 2023 bertajuk "WrestleDream" yang diadakan untuk menghormati Inoki. 

Lahul Fatihah...
Baca juga :