Aktor Fedi Nuril teringat saat syuting di Palestina, "Gak akan lupa sama Palestina setelah apa yang aku lihat dan rasakan di sana tahun 2014 🥺"

[PORTAL-ISLAM.ID] Kondisi Palestina-Israel yang sedang memanas saat ini, membuat aktor Fedi Nuril teringat kembali kejadian tahun 2014 saat syuting di Palestina.

"Gak akan lupa sama Palestina setelah apa yang aku lihat dan rasakan di sana tahun 2014 🥺," kata Fedi Nuril di akun twitternya @realfedinuril, Senin, 30 Oktober 2023.

Pemeran film 'Ayat-Ayat Cinta' ini lalu membagikan catatan yang dia tulis di akun Instagramnya terkait peristiwa yang dialaminya saat syuting di Palestina 2014.

"Tahun 2014, gue ke Palestina untuk syuting sebuah program Ramadan. Sewaktu gue dan salah satu kru masuk Masjidil Aqsha untuk salat zuhur dan ambil gambar, gue ditahan di gerbang masuk oleh tentara Israel karena bawa tripod dan wireless mic. Anehnya, walaupun tentara itu bersenjata lengkap, gue nggak merasa takut.

Apa yang terjadi di Palestina bukan perang, tapi perebutan paksa. Tentara Israel didukung teknologi militer dari US dan negara maju lain, sedangkan rakyat Palestina bertahan dengan persenjataan seadanya.

Ideologi agama digunakan sebagai pembenaran atas pendudukan Israel di Palestina. Sedangkan faktanya, 20% dari jumlah penduduk Palestina beragama Katolik dan Protestan, dan mereka pun menjadi korban penyerangan tentara Israel."

Demikian ungkap Fedi Nuril.

👇👇

Baca juga :