Abu Umar dari Gaza, ia menemukan akhir hidup yang selama ini ia cari dengan sungguh-sungguh...

Abu Umar Palestina. Asli Gaza. Tahun 2013 ia berangkat ke Suriah, dalam rangka program membantu pejuang Suriah melawan rezim Assad.

Ia terlibat berbagai pertempuran penting di Suriah. Baik clash baku tembak. Maupun merancang strategi dan jalannya pertempuran.

Tahun 2016 ketika pejuang serta warga Aleppo dikepung pasukan rezim Assad, Abu Umar termasuk diantara ahli strategi yang mengorganisir memecah pengepungan Aleppo.

Ia diduga sekaligus menjadi perantara pejuang Suriah dengan Hamas - Turki - Qatar. Yang kemudian kita ketahui seizin Allah dengan kedua negara tersebut ditambah Saudi, Rezim Assad melonggarkan pengepungan dan membiarkan pejuang serta warga pergi ke wilayah yang sudah dibebaskan.

Tidak diketahui pasti kapan ia kembali ke Gaza, Palestina. Tapi diperkirakan saat konflik Suriah meredup dan Gaza diserang besar-besaran oleh Zionis selama 51 hari pada tahun 2021.

Hidup dan mati tak ada yang tahu. Abu Umar Palestina yang bertahun-tahun berada di garis depan pertempuran Suriah, kemarin gugur dihantam roket Zionis di Gaza.

Abu Umar Palestina menemukan akhir hidup yang selama ini ia cari dengan sungguh-sungguh.

Tak ada kesedihan baginya. Ia tetap hidup di Sisi Allah. Hingga tiba waktunya diberi hadiah oleh Allah berupa surga tanpa hisab. 

(Fathi Nasrullah)

Baca juga :