Untuk Pertama Kalinya Erdogan Bertemu PM Israel Benjamin Netanyahu

[PORTAL-ISLAM.ID]  NEW YORK — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, Selasa (19/9/2023).

Ini adalah pertemuan pertama antara pemimpin Turki dan perdana menteri Israel sejak tahun 2008. Ini juga merupakan pertemuan pertama Netanyahu dengan Erdogan.

Pertemuan tersebut berlangsung di Gedung Turki di seberang Markas Besar PBB.

Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertemu untuk pertama kalinya secara langsung pada hari Selasa, menandai tonggak sejarah besar seiring kedua negara perlahan-lahan meningkatkan hubungan mereka.

Sebagai sekutu regional yang dekat, hubungan antara Israel dan Turki tegang selama lebih dari satu dekade, dengan Ankara mengusir duta besar Israel menyusul serangan Israel pada tahun 2010 terhadap sebuah kapal yang memimpin armada yang membawa bantuan ke Gaza, yang menewaskan 10 warga Turki.

Hubungan diplomatik dipulihkan pada tahun 2016, namun dua tahun kemudian Turki menarik diplomatnya dari Israel dan mengusir utusan Israel ketika pasukan Israel membunuh sejumlah warga Palestina yang ikut serta dalam protes di Jalur Gaza.

Kedua pemimpin membahas topik politik, ekonomi dan regional serta masalah Israel-Palestina, kata Kepresidenan Turki dalam sebuah postingan di platform media sosial Twitter X tentang pertemuan mereka pada Majelis Umum tingkat tinggi tahunan PBB.

Erdogan mengatakan kepada Netanyahu bahwa kedua negara dapat bekerja sama di bidang energi, teknologi, inovasi, kecerdasan buatan, serta keamanan siber, kata kepresidenan.
Baca juga :