Suasana Shalat Jum'at di Napoli Italia

[PORTAL-ISLAM.ID]  Suasana Shalat Jum'at di Napoli Italia kemarin (video di bawah).

Saat ini, terdapat 2.200.000 penduduk italia yang beragama Islam. Mereka merupakan penduduk asli dan orang asing atau imigran yang menjadi warga negara Italia.

Di negara yang didominasi Katolik Roma itu, Islam tumbuh menjadi agama terbesar kedua di Italia. 

Namun sayangnya, hingga kini Islam belum diakui sebagai agama resmi di negara piza itu. Akibatnya, tidak ada organisasi Muslim yang bisa menerima dana pemerintah dan leluasa mendirikan tempat ibadah.

Nicolo Degiorgis, seorang fotografer asal Italia, melalui bidikan kameranya dengan utuh menggambarkan perjuangan kaum Muslimin di Italia untuk menunaikan shalat.

Dalam laporan singkatnya, Degiorgis mendeskripsikan sebuah ironi. “Hanya ada delapan masjid bagi 1,5 juta Muslim di Italia,” ungkapnya, seperti dilansir News Republic pada 2014.

Delapan masjid di Italia merupakan masjid-masjid yang secara resmi diakui oleh pemerintah. Sementara, ratusan masjid lainnya dibangun secara swadaya oleh kaum Muslimin. 

Saat menunaikan shalat Jumat, mereka memanfaatkan bangunan-bangunan kosong di pasar untuk beribadah. Hampir empat tahun Degiorgis mengumpulkan karya-karyanya.

Terlihat jelas dalam bidikannya, enam saf shalat Jumat memenuhi tempat parkir swalayan di Provinsi Treviso. Sementara di Provinsi Udine, sebuah gudang berukuran 10×10 meter disulap menjadi masjid. Tidak ada kubah atau pengeras suara, seperti di masjid-masjid Indonesia. Yang nampak hanya pintu teralis layaknya gudang penyimpanan barang-barang. Namun, kondisi itu tak menyurutkan kaum Muslimin di Italia untuk beribadah.

[VIDEO - Suasana Shalat Jum'at di Napoli Italia] 
Baca juga :