Rezeki Allah Yang Ngatur

Tadi siang, gue dan anak istri diajak meeting sama temen di sebuah restoran di luar kota. Di restoran itu, gue memesan menu yang harganya murah karena temen gue maksa kalo kali ini dia yang harus neraktir. 

Jujur waktu gue ngeliat buku menu sih pengennya milih wagyu ya. Tapi pas ngeliat wajah temen gue, akhirnya gue milih tongseng kambing aja. Bukan karena wajah temen gue mirip kambing loh bukan, karena itu mah emang kenyataan. Tapi lebih karena gue pengen menjaga kondisi jantungnya ketika bayar di meja kasir nanti.

"Jadi pemilik restoran mewah ini tuh mantan bosnya suami aku loh Om. Iya kan A?" kata temen gue sambil nyikut perut suaminya yang buncit sampe goyang.

"Hmmm..." jawab suaminya sambil ngebenerin perut. Dalem hati gue, "semoga dia gak keguguran ya Allah, aamiin."😁

"Padahal dulunya dia gak sekolah loh Om, tapi bisa ngebangun restoran semewah ini. Bahkan udah buka cabang di Bandung juga. Iya kan A?" ucapnya lagi, sambil nyikut perut suaminya lagi, sampe bergoyang lagi.

"Hmmm..." jawab suaminya lagi. Udah kek Linbad njir ham hem ham hem doang kalo ditanya.

"Kok bisa ya Om, orang yang gak sekolah punya restoran semewah ini?" tanyanya ke gue.

"Hmmm..." jawab gue sambil ngeliatin suaminya. Terus suaminya tuh langsung mesem2 gitu gaes kek nahan ketawa.

"Mao ketawa mah ketawa aja Linbad! Jangan ditahan2! Ntar keluar lewat jalur yang laen kita yang repot nih harus ngisep bau belerang!" jerit gue dalem hati.

...

Dalam hidup, gue udah banyak nyaksiin orang yang gak sekolah hidupnya bisa kaya, sedangkan orang yang sekolah sampe level perguruan tinggi yang paling tinggi, itu gak kaya, bahkan hidup dalam kemiskinan.

Gue juga udah banyak nyaksiin orang2 yang banyak ngelakuin kemaksiatan hidupnya malah berkelimpahan, sedangkan yang taat malah kesusahan.

Terus, kenapa bisa begitu?

Ya gak kenapa2. Karena kalo Allah maunya begitu, ya terjadilah seperti itu. Seakan-akan Dia pengen bilang ke kita lewat peristiwa-peristiwa itu, bahwa yang namanya rejeki, bukan datang karena kita sekolah, kita pinter, atau kita taat. Supaya apa? Supaya kita gak sombong ketika lagi berkelimpahan rejeki. 

...

"Oh, jadi begitu ya Om..." ucap temen gue sambil manggut-manggut.

"Hmmm..."

Demikian, gue Bret Pitt.

-Awan Gunawan-

(fb)
Baca juga :