Kehadiran PSI dalam pertemuan SBY-Prabowo mengisyaratkan dukungan Presiden Jokowi kepada Prabowo

Wakil Ketua Dewan Pembina DPP PSI Grace Natalie, Sekretaris Dewan Pembina DPP PSI Raja Juli Antoni, hingga Plt Sekjen DPP PSI Isyana Bagoes Oka turut hadir ke Hambalang, Minggu (17/9/2023).

Sebagaimana diketahui, Partai Demokrat yang dipimpin oleh Majelis Tinggi Partai (MTP) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambangi kediaman Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Kedatangan SBY dan AHY itu turut juga dibarengi oleh para ketua umum parpol di Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mendukung Prabowo maju sebagai bakal calon presiden (bacapres).

Pertemuan itu digadang menjadi sinyal dukungan Demokrat atas majunya Prabowo.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, dalam pertemuan itu, SBY memang menyampaikan kedatangannya ke kediaman Prabowo sebagai isyarat dukungan Demokrat ke Prabowo sebagai calon presiden. 

“Dalam sambutannya, Pak SBY menjelaskan bahwa Partai Demokrat menyatakan dukungannya secara resmi kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pemilihan presiden 2024,” kata Viva kepada Tempo, Ahad kemarin.

Di samping itu, kata Viva, SBY juga menyampaikan bahwa Demokrat lebih nyaman ketika bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju—gabungan Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, Partai Bulan Bintang, dan Partai Gelora. Viva mengibaratkan Koalisi Indonesia Maju sudah menjadi rumah bagi Demokrat karena memiliki kesamaan cita-cita dan arah perjuangan.

Menurut Viva, kecuali Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, seluruh ketua umum partai di Koalisi Indonesia Maju hadir di Hambalang. Mereka adalah Zulkifli, Airlangga, Agus Jabo Priyono, dan Ketua Umum Partai Gelora Anies Matta. Ada juga Wakil Ketua Dewan Pembina dan Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia, Grace Natalie dan Raja Juli Antoni. Hadir juga Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto dan politikus senior Golkar, Agum Gumelar. 

Kehadiran PSI dan Wiranto semakin mengisyaratkan dukungan Presiden Joko Widodo kepada Prabowo.

PSI selama ini selalu menegaskan tegak lurus dengan Jokowi. Apa kata Jokowi, itu pula sikap PSI.

(Sumber: Koran Tempo, Senin, 18 September 2023)
Baca juga :