Katanya Anies jebluk surveinya tapi mereka para lawannnya ingin bergabung melawannya 🤣

Katanya Anies jebluk surveinya tapi mereka para lawannnya ingin bergabung melawannya 🤣

Ketua DPP PDIP Puan Maharani buka suara soal peluang dua poros pada Pilpres 2024 usai ketua umum partainya, Megawati Soekarnoputri duduk semeja dengan Prabowo Subianto di acara Hari Nasional Arab Saudi ke-93 di Jakarta, Senin (25/9/2023) malam.

Puan membocorkan bahwa Megawati--yang merupakan ibundanya--senantiasa berhubungan baik dengan Prabowo yang saat ini dikenal pula sebagai bakal capres Koalisi Indonesia Maju (KIM). Saat ditanya soal isu dua poros di Pilpres, Puan menilai tak ada yang mustahil dalam politik.

"Jadi enggak ada yang enggak mungkin di dinamika politik ini. Dan saya berharap semuanya itu yang terbaik," kata Puan usai menghadiri Rakernas Papdesi di Gesung Smesco, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023), dilansir CNNIndonesia.

Anies Siap Berapapun Porosnya

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan merespons santai adanya isu kemungkinan hanya ada dua poros pengusung di Pilpres 2024. 

Adanya dua atau tiga poros bagi Anies tak menjadi masalah.

"Kami konsentrasi kepada Koalisi Perubahan. Kita sudah solid, kita siap menyongsong Pemilu dan Pilpres. Jadi nanti apakah akan ada berapa pasang dan lain-lain bagi kami itu nonisu," kata Anies Baswedan di Jalan Brawijaya X, Jakarta Selatan, Jumat (22/9/2023) dilansir dari Antara

Anies memilih fokus mengatur strategi memenangkan Pilpres 2024. 

"Karena isunya bagi kita adalah bagaimana kita siap mengantisipasi," jelasnya. 

Anies juga menolak mengomentari terkait isu akan diduetkannya Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo menjadi satu pasangan guna melawan dirinya, "Ya bukan kita yang mengomentarinya dong, oke," ujarnya.

Cak Imin Ungkap Survei Internal Polmark Eep Saefulloh: Kami Menang

Bakal calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Muhaimin Iskandar (Cak Imin), mengklaim elektabilitasnya bersama Anies Baswedan jelang Pilpres 2024 paling tinggi dan jadi pemenang.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan hal tersebut berdasarkan hasil survei internal yang mereka lakukan bersama Polmark Indonesia.

"Kami survei bersama Pak Eep [Eep Saefulloh CEO Polmark] untuk kepentingan internal kami, Polmark [Indonesia]. Ya, Alhamdulillah sangat bagus, kami menang," kata Cak Imin di Sidoarjo, Selasa (26/9/2023).

Sayangnya, Cak Imin tak mengungkap berapa angka yang mereka peroleh. Serta detail survei internal yang dilakukan pihaknya, termasuk sampel dan metodologi penelitiannya.

Dia pun membantah bila elektabilitas pasangan Anies-Cak Imin berada di bawah kandidat lain. Menurutnya, hasil survei itu bisa diatur tergantung pesanan.

"Surveinya siapa, versi siapa, tergantung. Surveinya banyak sekali, tergantung pesanan," ucap dia.

Sementara itu, Survei Indo Riset menyebut elektabilitas Anies Baswedan naik di Pulau Jawa imbas deklarasi Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai cawapres.

"Suara Anies mengalami kenaikan di Pulau Jawa, terutama Jawa Barat, Jawa Tengah-DIY dan Jawa Timur. Kenaikan signifikan terjadi di Jawa Timur," kata peneliti Indo Riset, Roki Arbi di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, Senin (25/9/2023).

Dalam dua bulan terakhir yakni Agustus dan September, elektabilitas Anies di Jawa Timur naik dari 12,8 persen menjadi 22,2 persen.

Kenaikan juga terjadi di Jawa Barat dari 24,7 persen menjadi 31,6 persen. Kemudian, di Jawa Tengah elektabilitas Anies naik dari 8,3 persen menjadi 14,4 persen.

Indo Riset melibatkan 1.200 orang responden dalam survei yang digelar 11-18 September 2023. Indo Riset menyampaikan survei ini memiliki margin of error survei 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (*)
Baca juga :