Jurnalis BBC takjub dengan orang-orang Maroko, walau tidak punya rumah akibat gempa, mereka masih menyuguhkan teh dan ayam untuk pendatang

[PORTAL-ISLAM.ID] Jurnalis BBC Alice Morrison mengunjungi Maroko yang dilanda gempa dahsyat.

"Yang sangat saya sukai adalah Anda tidak bisa tidak bisa mengecewakan orang Maroko. Di sini mereka tunawisma tetapi mereka MASIH berbagi keramahtamahan dengan saya. Penawaran teh dan ayam tagine. 🇲🇦🤲🏻🙏🏻 ," kata Alice Morrison di akun twitternya.

Seperti diketahui, gempa bumi dahsyat berkekuatan 6,8 skala richter yang mengguncang Maroko pada Jumat malam, 8 September 2023 telah menewaskan lebih dari 2.800 jiwa menurut data terakhir dikutip Selasa (12/9/2023).

Peristiwa ini adalah gempa bumi yang paling mematikan di Maroko dalam lebih dari enam dekade terakhir.

Gempa itu berpusat di wilayah Pegunungan Atlas Tinggi, sekitar 72 kilometer dari barat daya Marrakech. Tepatnya di provinsi Al Haouz, yang terkenal sebagai tempat wisata dan ekonomi populer di negara itu.

Islam mulai masuk ke Maroko setelah pasukan Bani Umayyah di bawah jenderal Uqbah bin Nafi menaklukkan wilayah Maghreb. Dari penaklukan tersebut wilayah Maghreb yang diisi orang orang Berber mulai memeluk ajaran Islam. Dari Maroko kemudian Islam masuk ke Eropa dan berkuasa di Andalusia selama 7 abad.
Baca juga :