Duet Anies - Cak Imin Deklarasi Besok 2 September di Surabaya

[PORTAL-ISLAM.ID] Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan PKB akan pamit kepada Partai Gerindra untuk keluar dari Koalisi Indonesia Maju. Hal sebagai tindak lanjut dari rencana duet Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Hal ini disampaikan Jazilul setelah Dewan Majelis Syuro PKB menggelar rapat pleno di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB Jumat pagi, 1 September 2023. 

“Dengan sendirinya,” kata Jazilul ketika ditanya apakah sudah ada rencana pamit ke Partai Gerindra.

Jazilul tidak mengatakan apakah Cak Imin akan sowan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk mundur koalisi. Namun ia menyebut masalah sowan adalah hal teknis. 

Lebih lanjut, Jazilul Fawaid mengatakan ihwal duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, termasuk deklarasinya, akan menunggu hasil konsultasi dengan para kiai di Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat sore, 1 September 2023.

“Nanti termasuk konsultasi dengan para kiai itu akan difinalkan finalisasinya itu nanti di Surabaya. Rapatnya akan diselenggarakan jam 3 hari ini di Surabaya,” kata Jazilul.

Pada pokoknya, Jazilul mengatakan rapat pleno PKB hari ini menyatakan menyambut baik tawaran kerja sama politik dari NasDem setelah perdebatan alot dari para anggita Dewan Syuro PKB.

“Yang jelas tadi dinamikanya sangat alot. Masing-masing juga memberikan argumentasi baik dari Syuro maupun Tahfidz, alot. Dan pada ujungnya itu, keputusannya akan ada finalisasi. Tapi hari ini semuanya menyambut baik tawaran kerja sama dari Partai NasDem,” kata Jazilul.

Deklarasi 2 September

Kabar Cak Imin dipinang Anies sebagai cawapresnya beredar setelah Anies berkunjung ke kediaman ibunda dari Muhaimin Iskandar, Nyai Hj. Muhassonah Hasbullah. Tak hanya kunjungan ke tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Anies juga berziarah ke empat makam pendiri NU.  

Anies mengunjungi kediaman Nyai Muhassonah yang berada di kompleks Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, Jombang, pada Kamis, 31 Agustus 2023. Tampak Anies mengenakan baju koko putih dan peci hitam didampingi istrinya, Fery Farhati. 

Gubernur DKI periode 2017-2022 itu menyampaikan tujuan kedatangannya ke Jombang menemui Hj. Muhassonah untuk bersilaturahmi dan meminta doa. Setelah berbincang santai, Hj. Muhassonah Hasbullah pun mendoakan Anies Baswedan.

Adapun deklarasi pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar rencananya akan dilakukan di salah satu hotel di Surabaya pada Sabtu, 2 September 2023.

[Sumber: TEMPO]
Baca juga :