[BREAKING NEWS] Untuk Pertama Kalinya, Menteri Israel Tiba di Arab Saudi

[PORTAL-ISLAM.ID] Menteri Pariwisata Israel Haim Katz tiba pada hari Selasa (26/9/2023) di Arab Saudi untuk menghadiri konferensi PBB, dan menjadi menteri Israel pertama yang memimpin delegasi ke kerajaan tersebut.

Katz melakukan kunjungan dua hari ke Arab Saudi sebagai bagian dari acara Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) yang bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia pada 27 September.

“Pariwisata adalah jembatan antar negara,” kata Katz dalam sebuah pernyataan. “Kerja sama di bidang pariwisata berpotensi menyatukan hati dan kemajuan ekonomi.”

“Saya akan berupaya memajukan kerja sama, pariwisata, dan hubungan luar negeri Israel,” katanya.

Kunjungan Katz terjadi ketika Israel dan Arab Saudi tampaknya semakin dekat dengan kesepakatan normalisasi.
Pemerintahan Presiden AS Joe Biden secara aktif melibatkan Riyadh dan Yerusalem untuk mencoba menengahi kesepakatan normalisasi antara kedua negara. Sebagai bagian dari kerangka kerja tersebut, Arab Saudi juga meminta AS untuk membuat pakta pertahanan bersama yang besar dan kesepakatan senjata yang signifikan, serta konsesi Israel kepada Palestina.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan kepada PBB dalam pidatonya Jumat lalu bahwa Israel “berada di titik puncak” kesepakatan bersejarah dengan Arab Saudi.

Awal pekan ini, Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman mengatakan kepada Fox News bahwa “setiap hari kita semakin dekat” menormalisasi hubungan dengan Israel.

Awal bulan ini, delegasi Israel yang terdiri dari sembilan staf terbang ke Arab Saudi sebagai pengamat pertemuan Komite Warisan Dunia UNESCO. Delegasi tersebut dipimpin oleh kepala Otoritas Purbakala Israel dan termasuk para diplomat, menurut seorang pejabat Israel.

Minggu depan, Menteri Komunikasi Israel Shlomo Karhi akan mendarat di Arab Saudi pada Senin malam untuk menghadiri Kongres Luar Biasa Universal Postal Union 2023 di Riyadh, kata kantornya kepada The Times of Israel. Karhi akan berbicara pada konferensi PBB yang berlangsung dari Minggu hingga Kamis pekan depan.

Karhi terbang melalui negara lain di wilayah tersebut, dan sudah memiliki visa. Dia akan membawa delegasi kecil bersamanya ke kerajaan yang tidak mengakui Israel.

Karhi, seorang Yahudi yang religius, tidak akan memiliki teras di hotelnya untuk membangun Sukkah selama liburan Sukkot minggu depan, namun akan membawa lulav dan etrog bersamanya.

Ketua Komite Urusan Ekonomi Knesset David Bitan juga akan mengunjungi Arab Saudi minggu depan, menurut laporan media Ibrani.

Seperti Katz, Karhi dan Bitan adalah anggota partai Likud yang berkuasa.

(Sumber: TimesIsrael)
Baca juga :