Ada orang tahu dirinya ditarget, tapi nyimpan uang Miliaran di rumah dinas, itu TOLOL atau SET****?

KPK Sita Uang Puluhan Miliar Usai Geledah Rumah Dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menyita sejumlah uang setelah menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian atau Mentan Syahrul Yasin Limpo sejak Kamis (28/9/2023) sore hingga Jumat (29/9/2023) siang.

Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan sejumlah uang yang ditemukan yakni dalam pecahan mata uang rupiah dan mata uang asing.

Untuk menghitung uang-uang tersebut, penyidik KPK sampai harus membawa alat atau mesin penghitung uang. 

Menurut Ali Fikri, mesin itu diperlukan penyidik agar proses penghitungan uang tersebut dapat dilakukan dengan akurat.  

“Betul KPK membawa alat penghitung uang untuk menghitung secara akurat jumlah uang yang ditemukan dalam penggeledahan di rumah dinas Mentan,” kata Ali Fikri dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Ali tidak menyebut secara spesifik nilai uang yang ditemukan dan disita dari rumah Mentan Syahrul Yasin Limpo. Ia hanya mengatakan jumlah uang ditemukan sekitar puluhan miliar.

“Nilai uang yang ditemukan saat penggeledahan sejauh ini jumlahnya sekitar puluhan miliar,” ujar Ali.

***

Padahal Mentan sudah diperiksa KPK jauh hari sebelumnya, artinya sudah ditarget.

Pada Senin 19 Juni 2023 lalu, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) diperiksa KPK terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Politisi Nasdem itu diperiksa selama 3,5 jam.

***

Mentan Syahrul Yasin Limpo Sedang di Roma Saat KPK Geledah Rumah Dinasnya

KPK menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di kawasan Jaksel. Yasin Limpo ternyata sedang bertugas di Roma, Italia, saat rumah dinasnya digeledah KPK.

"Pak Mentan lagi di Roma," kata Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni saat dihubungi, Jumat (29/9/2023), dilansir detikcom.

Sahroni mengatakan Yasin Limpo di Roma menghadiri forum tentang pangan. Belum ada informasi lebih lanjut terkait kepulangan Yasin Limpo ke RI.

***

Ini yang menimbulkan pertanyaan dan kerucigaan netizen.

"Gak masuk akal seseorang yg dah tau ditarget nyimpan duit dan senjata d irumah apalagi di rumah dinas. Gw usul ada lembaga yg menggelah setiap anggota @KPK_RI yg mau msuk rumah org," cuit akun @Resty_J_Cayah.

"Ada orang tahu dirinya ditarget, tp nyimpan uangnya di rumah dinas. 🙄," sentil Mbah @UyokBack.
Baca juga :