SURAT TERBUKA untuk GARUDA INDONESIA: SEDIAKAN SPACE UNTUK SHALAT DI PESAWAT JURUSAN TANAH SUCI

SURAT TERBUKA

Oleh: Rendy Saputra

GARUDA INDONESIA, maafin ya

Kemarin perjalanan dari Jakarta ke Medinah, kami pakai Garuda Indonesia. Alhamdulillah lancar, selamat.

Saya lewat postingan ini minta maaf ke Garuda, mungkin karena terbiasa pakai airline yang ada kawasan sholatnya, jadi saya pakai area ini untuk sholat dan ternyata dilarang.

Selesai saya sholat jamak maghrib dan isya, FA menegur:

"Pak, berikutnya shalat di kursi saja ya, disini gak boleh."

Karena saya menyadari sudah jamak, dan subuhannya nanti di Madinah, maka saya bilang :

"Gak lagi Mbak, udah ini aja."

Dijawab lagi:

"Berikutnya pak, gak boleh disini"

Nampak kesalahan saya besar, saya minta maaf.

*

Rukshoh shalat sambil duduk itu ada pendapatnya, benar. Karena dalam perjalanan dan memotong waktu shalat. Namun ada juga pendapat, untuk shalat wajib harus ditunaikan sikap sempurna, sesampainya di tujuan, atau melaksakan sekuatnya, walau di atas kendaraan seperti pesawat.

Ada airline di dunia ini, yang memberikan space untuk shalat. Dan akhirnya jamaah bisa sujud dengan sempurna.

Terkait dalil, silakan nanti dicari saja pendapat ulamanya. Saya tidak berkapasitas menjelaskan.

Melalui postingan ini saya mencoba berikhtiar, jika airline tersebut bisa menyediakan tempat sujud bagi passengers, insyaAllah Garuda Indonesia juga bisa.

Terkadang, sujud sempurna ini bukan permasalahan kuat-kuatan dalil, tetapi ada situasi dalam jiwa manusia, yang hiburannya ya sujud, kebahagiaannya adalah naruh wajah di tanah serendah kaki, ada sosok-sosok yang kebahagiaan nya itu ya sujud.

Indonesia sebagai negeri muslim terbesar di dunia ini, sangat layak jika Garuda Indonesia, menyediakan space untuk sholat, seluas airline tetangga saja, menghilangkan beberapa row kursi.

Mungkin korban merugi kapasitas seat, namun semoga dengan menyediakan tempat sujud kepada Allah, Allah menolong Garuda Indonesia, BUMN negeri ini, dan juga bangsa ini.

Saya ijin tulisan ini saya sampaikan terbuka ke Bapak CEO garuda.indonesia Pak [at]setiaputrairfan, Menteri BUMN Pak [at]erickthohir dan Presiden RI Pak [at]jokowi 

Bagi yang mendukung ide ini, mari kita gunakan hestek #GarudaBersujud, boleh share tulisan ini dengan menggunakan hestek tersebut.

Semoga mendapatkan atensi, dan perlahan dapat direalisasikan.

27 Agustus 2023

(fb)

Baca juga :