Presiden RI ke-8, insya Allah yang berinisial 08!

[PORTAL-ISLAM.ID]  Di antara Lembaga-lembaga survey yang ada di Indonesia, Litbang Kompas termasuk Lembaga Survey yang dianggap paling netral, independen dan terpercaya.

Makanya tidak mengherankan kalau rilis Litbang Kompas paling dinantikan. Termasuk hasil survey Pilpres terbaru mereka sekarang.

Hasilnya Mas Ganjar dan Pak Prabowo bersaing ketat pada simulasi banyak nama. Dengan Mas Ganjar unggul tipis 24,9%, sedang Prabowo 24,6%.

Tapi hasilnya berbalik dengan Pak Prabowo unggul mutlak (sampai 7 persen), kalau head to head antara Pak Prabowo dengan Mas Ganjar.

Sebenarnya hasil Survey Litbang Kompas ini hampir sama dengan hasil Surbey Indikator Politik yang kemarin sudah lebih dulu merilis hasil survey mereka.

Artinya, kalau diatas kertas, Pak Prabowo yang paling besar kemungkinannya untuk memenangkan Pilpres 2024 yang akan datang.

Seperti sudah kita ketahui bersama, Pemenang Pilpres kalau Calonnya lebih dari dua, maka wajib menang diatas 50 persen. Kalau tidak ada yang sampai 50 persen, maka pemenang pertama dan kedua akan maju ke putaran babak kedua (head to head).

Artinya Pemenang pada putaran pertama belum tentu menjadi pemenang pada putaran terakhir (kedua).

Contoh yang paling mudah adalah Pilkada DKI Jakarta yang aturannya mirip Pilpres. Pada Pilgub DKI tahun 2017, pasangan Ahok-Djarot menang di putaran pertama. Posisi kedua pasangan Anies-Sandi dan diposisi terakhir pasangan Agus-Sylivia.

Namun karena pasangan Ahok-Djarot tidak sampai 50 persen, maka Pemilihannya masuk ke putaran kedua. Melawan pemenang kedua, Anies-Sandi.

Diputaran kedua ini, Ahok-Djarot malah kalah. Dan Pilgub DKI dimenangkan oleh Anies-Sandi. Karena Anies-Sandi mendapatkan limpahan suara terbesar dari pasangan Agus-Sylvia.

Kemungkinan hal yang sama akan terjadi di Pilpres 2024 nanti. Capres yang sudah mengerucut adalah Pak Prabowo, Mas Ganjar dan Bang Anies.

Analisa saya sejak dulu dan banyak orang, kemungkinan di Putaran Pertama akan dimenangkan oleh Pak Prabowo atau Mas Ganjar. Salah satu diantara mereka berdua. Tapi tidak ada yang sampai 50 persen.

Maka Pak Prabowo dan Mas Ganjar masuk ke putaran kedua. Di putaran kedua ini, Pak Prabowo akan menang telak karena sebagian besar suara atau pemilih Bang Anies akan lari ke Pak Prabowo.

Begitu juga andai yang masuk putaran kedua adalah Pak Prabowo melawan Bang Anies. Pendukung Mas Ganjar akan merapat ke Pak Prabowo. Sangat tidak mungkin ke Bang Anies.

Jadi kalau melihat kondisi politik sekarang, Pilpres tahun 2024 nanti akan dimenangkan oleh Pak Prabowo. Tinggal menunggu apakah Pak Prabowo bisa menang satu putaran atau tetap menang mutlak di putaran kedua.

Presiden RI ke 8, insya Allah yang berinisial 08!

(By Azwar Siregar)

Baca juga :