Mualaf Sonny Bill Williams: Lebih dari 5 juta Muslim di Perancis, tapi Umat Islam tidak diajak bicara mengenai UU baru yang akan melarang abaya di Sekolah

[PORTAL-ISLAM.ID]  Prancis akan melarang anak-anak mengenakan abaya -jubah longgar dan panjang yang biasa dikenakan Muslimah- di sekolah-sekolah yang dikelola pemerintah, demikian ungkap menteri pendidikan negara itu menjelang musim kembali ke sekolah.

Prancis, yang telah memberlakukan larangan ketat terhadap tanda-tanda keagamaan di sekolah-sekolah negeri sejak undang-undang abad ke-19 menghapus pengaruh Katolik tradisional dari pendidikan publik, telah berjuang untuk memperbarui pedoman untuk menghadapi populasi Muslim yang terus bertambah.

Sekolah-sekolah negeri di Prancis tidak mengizinkan penggunaan salib besar, kippah Yahudi atau jilbab Islam.

Pada 2004, negara ini melarang jilbab di sekolah-sekolah, dan pada 2010, negara ini mengeluarkan larangan cadar di depan umum, yang membuat marah banyak orang di komunitas Muslim yang berjumlah lima juta orang.

“Saya telah memutuskan bahwa abaya tidak bisa lagi dipakai di sekolah,” kata Menteri Pendidikan Gabriel Attal dalam sebuah wawancara dengan saluran televisi TF1. “Ketika Anda masuk ke ruang kelas, Anda seharusnya tidak dapat mengidentifikasi agama murid hanya dengan melihat mereka.”

Langkah ini diambil setelah perdebatan berbulan-bulan mengenai pemakaian abaya di sekolah-sekolah Prancis, di mana perempuan telah lama dilarang mengenakan hijab.

Mempertahankan sekularisme adalah seruan di Prancis yang bergaung di seluruh spektrum politik, mulai dari kelompok sayap kiri yang menjunjung tinggi nilai-nilai liberal, hingga para pemilih sayap kanan yang mencari benteng untuk menangkal peran Islam yang semakin besar dalam masyarakat Prancis.  

Pelarangan abaya di Prancis ini mendapat kritik luas dari Umat Islam di seluruh dunia.

Salah satunya disuarakan oleh mualaf asal New Zealand, Sonny Bill Williams, yang merupakan olahragawan Rugby terkemuka di negaranya.

"Lebih dari 5 juta Muslim di Perancis dan saya berjuang untuk percaya bahwa tidak ada seorang pun yang diajak berkonsultasi sebelum disahkannya undang-undang baru yang akan melarang anak-anak di sekolah umum mengenakan abaya, jubah longgar dan panjang yang dikenakan oleh sebagian Muslim wanita (termasuk Bunda Maria) - gila jika berpikir bahwa menjadi rendah hati lebih menyinggung daripada telanjang akhir-akhir ini," ujar Sonny Bill Williams di akun twitternya @SonnyBWilliams, Rabu (30/8/2023).
Baca juga :