Menpora: Pembukaan Piala Dunia U-17 Mungkin di JIS, Penutupan di Solo

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Menpora Dito Ariotedjo mengatakan kemungkinan besar pembukaan Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS) dan penutupan di Stadion Manahan, Solo.

Hal itu diungkap Menpora di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (1/8/2023), usai melakukan rapat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menpora mengatakan penutupan atau final Piala Dunia U-17 2023, yang dijadwalkan berlangsung pada 2 Desember mendatang, akan digelar di Stadion Manahan Solo.

"Piala Dunia ini kita sudah mengetahui FIFA hari ini ke Solo mengecek Manahan, selanjutnya ke seluruh stadion yang diajukan PSSI," ujar Menpora.

"Terkait dengan penutupan dan pembukaan, saya baru dilaporkan PSSI itu, penutupan memakai rencana awal di Solo, karena itu rencana sejak Piala Dunia U-20. Tapi untuk pembukaan masih didiskusikan," ucap Menpora.

Terkait pembukaan Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November mendatang, Menpora mengatakan ada kemungkinan opening digelar di JIS.

"Sebenarnya untuk pembukaan ada keinginan di Jakarta, tapi ini kita sedang menunggu asesmen seluruh venue. [Pembukaan] di JIS. Jadi seluruh stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia-17 minggu ini diasesmen FIFA, dan akan dilaporkan kembali ke PSSI dan juga kami, nanti ditentukan bersama dengan FIFA," ucap Menpora.

Menpora juga memastikan rencana Piala Dunia U-17 2023 digelar hanya di pulau Jawa. Stadion Jakabaring, Palembang, dan Stadion I Wayan Dipta, Bali, yang sempat masuk venue Piala Dunia U-20 2023 tidak akan digunakan.

"Kita kemarin ada mendengar dari PSSI, karena ini Piala Dunia U-17 dan dari sisi pemain juga, terkait efisiensi budget dan aksesibilitas pemain serta kontingen, itu kemungkinan di Jawa. Tapi kita masih menunggu hasil [asesmen] FIFA juga," ujar Menpora.

(CNN)
Baca juga :