Klarifikasi Majelis Al-Muwasholah: Baleho Habib Umar dan Capres Ganjar dibuat tanpa izin dan sepengetahuan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Beredar baliho dengan foto Capres Ganjar Pranowo dan Habib Umar bin Hafidz dengan tulisan...

"Selamat Datang Guru Mulia Al-Habib Umar Bin Hafidz di Provinsi Kalimantan Tengah.... Palangka Raya 23 Agustus 2023."

Pada baliho itu juga tertulis Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024.

__________


Terkait hal tersebut, Majelis Al-Muwasholah Baina Ulama Al-Muslimin (pihak yang megundang Habib Umar ke Indonesia) memberikan klarifikasi sebagai berikut:

Penjelasan Dari Majelis Al-Muwasholah terkait Foto Baleho Habib Umar

Kedada Yth
Seluruh Masyarakat Indonesia

Kami dari Majelis Al-Muwasholah menginformasikan kepada khalayak publik sekalian terkait adanya baleho yang terpasang dan foto yang tersebar antara foto Guru Mulia al Habib Umar bin Hafidz yang disandingkan dengan salah satu bakal calon presiden RI 2024, bahwa hal ini murni Kesalahpahaman panitia dan Tindakan yang tidak semestinya karena dibuat tanpa izin dan sepengetahuan Majelis Al-Muwasholah, dan didalam dakwah Al Habib Umar di manapun tidak ada kaitannya dengan politik praktis, maka jika ditemukan adanya Baleho, Poster, Photo ataupun Video yang dikaitkan kepada al Habib Umar dengan tokoh politik manapun adalah tidak benar adanya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga informasi ini bisa disebarkan seluas-luasnya agar tidak terjadi kesalahpahaman yang lebih banyak lagi.

Jakarta, 23 Agustus 2023

Ketua Dewan Syuro
Majelis Almuwasholah

(Sholeh bin Muhammad al Jufri)

Sekretaris Umum
Majelis Almuwasholah

(Ahmad Mujtaba bin Shahab)

__________

*Majelis Al-Muwasholah Baina Ulama Al-Muslimin adalah Forum Silaturrahmi antar Ulama Islam, yang didirikan oleh Al-Habib Umar bin Hafidz di Indonesia pada tahun 1428 H atau 2007 M.

Pada Awwalnya Al-Habib Umar bin Hafidz secara rutin setiap tahun datang ke Indonesia sejak 1998 untuk ziarah, silaturahim dan berdakwah. Selama kunjungannya, beliau senantiasa bertemu, berkumpul dan mendengar saran, pendapat, problema dan keluhan dari para Ulama tentang permasalahan Ummat khususnya kaum muslimin di Indonesia. Hal ini berlangsung setiap tahun.

Hingga akhirnya, pada tahun 2006 beliau memberi isyarah bahwa pada kunjungan yang akan datang, tepatnya di bulan Muharram 1428 H, akan digagas sebuah majelis sebagai forum yang dapat menjadi sarana bertemu dan bertukar pikiran para Ulama.

Tujuan utama dari majelis tersebut adalah menyatukan para Ulama dalam menyampaikan amar ma ’ruf nahi munkar agar mereka punya kesatuan kata dan visi. Dan tidak menjadikan dakwah Islamiyyah sebagai alat politik, tujuan duniawi, atau hal serupa itu. Murni hanya untuk melanjutkan risalah para Nabi Shallallohu ‘Alaihim Ajma’iin.

Pembentukan majelis ini bukanlah gagasan Al-Habib Umar bin Hafidz seorang. Melainkan berasal dari keinginan dan saran para Ulama. Beliau hanya memfasilitasi dan memediasi saja.

Beliau menyatakan para Ulama yang mempunyai latar belakang yang berbeda -aliran, mazhab atau organisasi- tidaklah menjadi penghalang untuk bergabung dalam majelis tersebut.

Alhamdulillah, pada hari Kamis tanggal 20 Muharram 1428H /8 Februari 2007M ditanda tangani sebuah kesepakatan oleh para Ulama yang berjumlah 128 orang bersama Al-Habib Umar bin Hafidz atas pembentukan sebuah majelis yang diberi nama Majelis Al-Muwasholah Baina Ulama Al-Muslimin di Wisma DPR RI Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga :