KH. Maksum Jauhari: "Di dunia ini ada dua orang sakti. Yang pertama guru, Yang kedua orang tua. Kalau mau hidup barokah jangan sekali-kali membuat mereka murka"

[PORTAL-ISLAM.ID]  KH. Maksum Jauhari: "Di dunia ini ada dua orang sakti. Yang pertama guru, Yang kedua orang tua".

"Maka barang siapa yang ingin hidupnya barokah jangan sekali-kali membuat kedua orang ini murka, lakukan apa yang sekiranya membuat mereka ridho."

"Karena manzilah doa guru bagi murid dan manzilah doa orang tua bagi anak seperti manzilah doanya Nabi bagi umatnya".

Al-Fatihah 🤲

____________


K.H. Abdulloh Maksum Jauhari atau yang lebih dikenal dengan Kyai Maksum atau Gus Maksum (wafat 21 Desember 2003) adalah seorang ulama dan pendiri Pagar Nusa. Beliau merupakan cucu pendiri Pondok Pesantren Lirboyo yaitu, KH. Abdul Karim.

Pagar Nusa adalah organisasi yang mewadahi pencak silat di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang berdiri pada 22 Rabi'ul Akhir 1406 H / 3 Januari 1986 M di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur dengan Ketua Umum pertamanya adalah KH. Abdulloh Maksum Jauhari dalam rangka menyatukan dan mewadahi sejumlah perguruan silat NU yang dahulunya beragam dan berdiri sendiri-sendiri. Hingga saat ini Pagar Nusa memiliki nama resmi "Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa". Pagar Nusa berdiri sebagai badan otonom di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang berbasis gerakan dalam melaksanakan kebijakan NU pada pengembangan seni, budaya, tradisi, olahraga pencak silat, pengobatan alternatif, dan pengabdian masyarakat.


Baca juga :